Kamis 22 Agustus 2019
Al-Khomis 20 Dzulhijjah 1440

Berita

Masyarakat Singkep Selatan Antusias Sambut Keberadaan Kantor Urusan Agama (KUA)

23-07-2019


* Photo bersam KUA Singkep dengan tokoh masyarakat, Perangkat Desa dan Uspika Singkep Selatan

(Kemenag Lingga) – Kepala Seksi Bimbingan Mayarakat Islam bersama Kepala KUA Singkep mengadakan pertemuan dengan para tokoh masyarakat, TNI, Polri, Kades dan Camat Singkep Selatan. Agendanya adalah membahas seputar akan dibangun sementara Kantor Urusan Agama di wilayah tersebut. Karena selama ini, meskipun sudah berstatus Kecamatan, namun administrasi pencatatan nikah masih harus berurusan ke Kantor Urusan Agama Kecamatan Singkep sebagai kecamatan induk.

Setelah terbitnya KMA baru tentang KUA pemekaran, maka Kecamatan Singkep Selatan akan terbentuk KUA tersendiri. Kepala KUA Singkep, Dolhaji  berinisiatif untuk berbincang langsung dengan masyarakat Singkep Selatan. 

“Alhamdulillah, dukungan masyarakat sangat luar biasa. KUA Singkep Selatan akan menempati gedung sementara ex. Kantor Desa Resang. Semua masyarakat mendukung dan berjanji akan mengadakan gotong royong untuk membangun pelaminan di dalam kantor,”jelas Dolhaji, Selasa(23/07).

“Para Kades se-Kecamatan Singkep Selatan akan membantu memberikan fasilitas secara pribadi, seperti pipa air, mesin pompa air, karpet serta pengecatan kantor sementara itu. Nanti, rehabnya akan diadakan gotong royong oleh masyarakat. Jujur, saya sangat terharu dan bangga dengan masyarakat Singkep Selatan. Mereka sangat luar biasa,”tambah Dolhaji lagi.

Kabar gembiranya lagi, disampaikan oleh Kasi Bimas Islam bahwa warga Singkep Selatan  atas nama Muhammad Arif (67) tahun beralamat di Desa Marok Kecil menghibahkan tanah miliknya ukuran 30 x 30 meter untuk lokasi pembangunan Kantor Urusan Agama Kecamatan Singkep Selatan. “Ini luar biasa sekali. Kita sudah punya lahan dari hibah masyarakat. Tentunya, nanti akan kita konsultasikan ke Kepala Kemenag Lingga dan Kanwil Kemenag Kepri terkait pembangunannya. Semuanya harus ada prosedur yang harus kita lewati agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,”kata Abdurokhman.

“Pastinya untuk Singkep Selatan kita sudah punya energi dan modal untuk melanjutkan pembangunan KUA. Kita sangat berterimakasih atas hibah tanah  dan dukungan dari seluruh masyarakat. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama, KUA Singkep Selatan bisa terealisasi. Itu harapan kita semua,”ungkap Kasi Bimas Islam Kemenag Lingga ini.

Untuk kecamatan yang lain seperti Lingga Timur dan Singkep Pesisir kita mempunyai harapan yang sama. Agar lokasi pembangunan KUA segera kita dapatkan. Keberadaan Kantor Urusan Agama merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembangunan di bidang keagamaan sekaligus sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. (zaid)

56

Berita Terkait