Selasa 07 Desember 2021

Berita

Masyarakat Bunguran Timur Laut Gelar Syukuran Atas Pemakaian Gedung Astaka MTQ Sebagai Kantor KUA Sementara

22-02-2019


* Masyarakat Bunguran Timur Laut Gelar Syukuran Atas Pemakaian Gedung Astaka MTQ Sebagai Kantor KUA Sementara

Natuna (Inmas) –Pemerintah Kecamatan Bunguran Timur Laut bersama masyarakat Bunguran Timur Laut (Bungtila ) menggelar syukuran atas pemakaian gedung Astaka MTQ yang disulap menjadi Kantor Urusan Agama (KUA) sementara, di Astaka Desa Tanjung, Kamis (21/2). Kantor Urusan Agama Kecamatan Bungtila ini merupakan KUA yang baru dimekarkan pada tahun 2018 silam.

Pada peresmian syukuran tersebut, itu tampak hadir tokoh agama, tokoh masyarakat, para Kades dan BPD seluruh Kecamatan Bungtila, Babinsa, Kamtibmas, Kepala sekolah SD, SMP, SMA dan Kepala MTs serta seluruh Uspika Kecamatan Bungtila hadir pada syukuran tersebut. Terlihat Camat Bungtila dan masyarakat sangat bahagia dan bangga dengan hadirnya kantor KUA BUngtila di tengah masyarakat untuk memberikan layanan meskipun gedung tersebut bersifat sementara menunggu dibangunnya gedung permanen.


Dalam sambutannya Camat Bunguran Timur Laut Drs. H. Ahmad mengatakan, alhamdulillah hari ini kita dapat menggunakan bangunan astaqa ini menjadi Kantor Urusan Agama Kecamatan Bunguran Timur Laut untuk sementara waktu dan itu merupakan salah satu fungsi tujuan dibangunnya astaqa ini. Ahmad juga mengatakan dengan adanya keberadaan Kantor Urusan Agama ini bisa mempermudah bagi  masyarakat Kecamatan Bungtila untuk mengurus pernikahan, pelayanan konsultasi pernikahan maupun rujuk dan lain sebagainya. Karena menurutnya, warga Bungtila tidak perlu lagi mengurus ke KUA Kecamatan Bunguran Timur yang jarak tempuhnya cukup jauh.

“Dalam hal ini Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Natuna sudah menyediakan sarana prasarana untuk KUA Bunguran Timur laut dan Kementerian Agama sudah menyiapkan tenaganya untuk menjalankan pelayanan yang prima khususnya pelayanan nikah untuk masyarakat Kecamatan Bunguran Timur laut,” kata Ahmad.

“Kami selaku Pemerintah Kecamatan  akan mendukung dengan sepenuhnya berbagai program dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh pihak KUA Kecamatan Bungtila," tutur Ahmad.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Natuna, Kasi Bimas Islam Muhd. Sabirin,SHI dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemerintah dan masyarakat Bunguran Timur Laut karena telah mengundang pihak Kantor Kementerian Agama Natuna  dan telah menyediakan tempat untuk KUA sekaligus memprakarsai acara syukuran ini.

“KUA Bunguran Timur Laut ini dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 190 Tahun 2018 tentang Pembentukan 244 KUA Kecamatan se-Indonesia, Kabupaten Natuna sendiri ada4 KUA Kecamatan baru yaitu, KUA Bunguruan Tengah, KUA Bunguran Selatan, KUA Serasan Timur dan termasuk KUA Bunguran Timur Laut sendiri”, jelas Sabirin.

"Untuk sekarang biaya nikah yang nikahnya dilangsungkan di KUA biayanya adalah Rp.0, sedangkan nikahnya di luar KUA misal nikahnya dirumah itu ada biaya PNBP dan biaya sebesar Rp.600ribu", ujar Sabirin.

Untuk Pelaksana Tugas Kepala KUA Bunguran Timur Laut, Kantor Kemenag Natuna menunjuk Erial Lismana, SHI yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Bunguran Timur. (hkn).

444

Berita Terkait