Minggu 17 Januari 2021

Berita

Marak Nikah Bawah Umur, KUA Tanjungpinang Barat Beri Pembinaan

14-10-2020


* Foto bersama usai pembinaan dan pembagian paket bantuan dari BAZNAS

Kemenag TPI (INMAS) Kasus pernikahan di bawah umur menjadi bahan pemberitaan dan headline seluruh wilayah Indonesia, tidak terlepas KUA Tanjungpinang Barat, kata Said Kamaludin S.HI. Kepala KUA tanjungpinang Barat dalam sambutannya kepada  jama’ah dan masyarakat Kelurahan Bukit Cermin. Dalam pertemuan itu hadir Camat Tanjungpinang Barat, Lurah Kelurahan Bukit Cermin, Ketua DMI, Ketua Forum RT/RW dan juga Pengurus BAZNAS Kota Tanjungpinang.  

Acara pembinaan umat digelar Oleh KUA Kec. Tanjungpinang Barat bekerjasama dengan BAZNAS Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 12 Oktober 2020, dalam rangka menangkal terjadinya pernikahan anak dibawah usia. Kepala KUA Tanjungpinang Barat lebih lanjut mengatakan bahwa dinegara kita diatur tentang batas usia minimal dalam pernikahan. Undang-undang tersebut adalah UU No. 16 Tahun 2019 tentang perubahan UU No. 1 Tahun 1974, yang menyebutkan bahwa batas usia minimal untuk dilaksanakan pernikahan adalah 19 tahun baik bagi calon pengantin pria maupun bagi calon pengantin wanita. Akan tetapi lebih lanjut kepala KUA kec. Tanjungpinang Barat menyampaikan, bagi anak yang ingin menikah dibawah umur 19 tahun tetap dibolehkan akan tetapi kepada yang bersangkutan harus mendapat syarat tambahan yaitu Izin atau Dispensasi dari Pengadilan Agama.

Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dipusatkan di Kelurahan Bukit Cermin bertempat di Masjid Tis’atul Aulia. Insyaallah Menurut Kepala KUA Kec. Tanjungpinang Barat, kegiatan ini akan berlanjut disetiap kelurahan yang berada di Wilayah Kerja Kua Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Dalam acara Pembinaan Umat tersebut juga diisi Tausiah Agama Oleh Bapak KH. Rostam Efendi S.Ag. dalam tausiahnya beliau menyampaikan bagaimana pentingnya peran orang tua dalam membina keluarga agar tidak terjadi pernikahan dini atau dibawah umur.

Dalam akhir acara kegiatan, diberikan bantuan oleh Baznas Kota Tanjungpinang kepada 50 kepala keluarga yang menghadiri  kegiatan pembinaan umat tersebut. (said)

131

Berita Terkait