Kamis 22 Agustus 2019
Al-Khomis 20 Dzulhijjah 1440

Berita

Manasik Terakhir Tingkat Kota Kemenag Batam

29-06-2019


* Manasik Terakhir Tingkat Kota Kemenag Batam

Batam Kota (Inmas-Batam)-  Jamaah Calon Haji sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam ke 5 berhaji ke Baitullah diberikan bimbingan manasik haji. 

Bimbingan manasik haji untuk tingkat kecamatan diberikan sebanyak 8 kali pertemuan. Sementara untuk tingkat Kabupaten Kota diberikan sebanyak 2 kali pertemuan.

Seperti pagi ini, Sabtu (29/6) kembali Kantor Kementerian Agama Kota Batam menggelar manasik haji tingkat Kota bertempat di Aula Wisma Kementerian Agama Kota Batam dan PIH di Batam Center. Manasik ini adalah manasik terakhir pada musim haji tahun ini. Sebelumnya telah diberikan bimbingan manasik pada tanggal 17 Juni 2019 yang lalu di tempat yang sama.

Hal ini dibenarkan Ketua Panitia Penyelenggara Manasik Ridwan Syam staf Haji dan Umroh Kemenag Batam di lokasi kegiatan, Sabtu (29/6).

"Ya, ini adalah manasik terakhir pada musim haji tahun ini," katanya membenarkan.

Dalam manasik terakhir ini, jamaah calon haji diberikan pengetahuan manasik tentang keselamatan penerbangan dan perjalanan haji gelombang 1 dan 2 yang diberikan oleh Kasi Haji dan Umroh Kemenag Batam H.M Amanuddin serta materi kebijakan kesehatan haji yang sampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Batam.

Dikatakannya, kesehatan merupakan sesuatu yang mutlak untuk dijaga dengan sebaik baiknya. Karena ibadah haji termasuk ibadah fisik yang membutuhkan badan tetap sehat agar seluruh rangkaian ibadah haji dapat terlaksana dengan  baik.

Disamping itu juga dibutuhkan kemampuan dan pemahaman tentang ilmu manasik agar kemabruran haji dapat diraih dengan sempurna.

Jamaah calon haji Kota Batam tahun ini terbagi dalam 4 Kelompok Terbang (Kloter) yakni ada di kloter 1, kloter 17, kloter 28 dan di kloter 29.

Lanjutnya, keberangkatan Jamaah Calon Haji Kloter tahun ini dimajukan 1 hari dari jadwal awal. Sebelumnya direncanakan JCH Kloter 1 akan terbang ke Arab Saudi pada Ahad (7/7), namun  karena dimajukan menjadi hari Sabtu (6/7) berangkatnya.

Hal ini dikarenakan adanya penambahan kuota jamaah sehingga jumlah kloter juga bertambah.

JCH Kota Batam Kloter 1 akan masuk asrama Embarkasi pada hari Jumat,  (5/7) sebanyak 259 orang jamaah. Mereka sebelum masuk ke asrama, akan dilepas dulu dari Masjid Agung Batam Center.

Semoga JCH diberikan kesehatan, pemahaman manasik  dan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji, amin.

(bad70/yd)

74

Berita Terkait