Kamis 24 September 2020

Berita

MAN Bintan Laksanakan PPDB Melalui 2 Cara

03-07-2020


* MAN Bintan Laksanakan PPDB Melalui 2 Cara

(Kemenag Bintan) - Setelah Tahun Pelajaran 2019/2020 berakhir, menjadi awal dimulainya Tahun Pelajaran baru yaitu 2020/2021. Sebelum memasuki Tahun Pelajaran baru ini semua Lembaga Pendidikan formal dan non formal baik Negeri maupun Swasta akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), termasuk MAN Bintan yang beralamat di Jalan Korindo Kampung Jawa Kelurahan Sungai Lekop Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan.

Pelaksanaan PPDB berpedoman pada Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7265 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2020/2021. Sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) untuk MAN Reguler Negeri dan Swasta, PPDB dijadwalkan mulai pada 06 Mei s.d Juli 2020.

PPDB di MAN Bintan menggunakan 2 (dua) cara yaitu secara online, dimana calon peserta didik cukup melakukan pendaftaran melalui android, dan secara offline dimana calon peserta didik harus mendaftarkan diri dengan datang secara langsung ke MAN Bintan. Dimasa pandemi Covid-19 pelaksanaan PPDB diutamakan secara online. Namun demikian untuk orang tua/ wali murid yang ingin mendaftarkan putra dan putrinya ke MAN Bintan secara langsung dikarenakan keterbatasan jaringan internet maka tetap diterima dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19.

“Sebelum masa PPDB dimulai, kami dari Panitia PPDB telah mensosialisasikan MAN Bintan ke madrasah/sekolah jenjang MTs dan SMP yang ada di Kecamatan Bintan Timur, Gunung Kijang dan Bintan Pesisir. Kami juga telah sosialisasi kepada masyarakat dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur dan media online,” ujar Fajran Novriantoni Ketua PPDB MAN Bintan.

“Tata cara melakukan pendaftaran online dan offline juga sudah kita sampaikan melalui media online dan sosialisasi. Mengenai pembiayaan saat PPDB dan Pendaftaran Ulang calon peserta didik di tingkat Aliyah tidak dipungut biaya apapun karena sudah dibiayai oleh Pemerintah melalui dana BOS,”pungkasnya. (daman/amilia)
 

129

Berita Terkait