Selasa 07 Desember 2021

Berita

MAN Bintan Gelar Ceramah Agama dan Pengumuman Pemenag Lomba Peringatan Maulid Nabi Saw. 1443 H

21-10-2021


* MAN Bintan Gelar Ceramah Agama dan Pengumuman Pemenag Lomba Peringatan Maulid Nabi Saw. 1443 H

(Kemenag Bintan) - MAN Bintan menggelar kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1443 H/ 2021 M, Kamis (21/10/21). Kegiatan bertempat di aula MAN Bintan dan dilaksanakan secara langsung.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah Majelis Guru, tenaga kependidikan, penceramah dari Pondok Pesantren (Ponpes) Khadimul Ummah, dan beberapa  siswa yang terjadwal untuk tatap muka. Kegiatan dibuka oleh Kepala MAN Bintan, Hj. Murdifah.

Dalam sambutannya, Murdifah menyampaikan kegiatan ini diadakan agar senantiasa mengingatkan diri untuk meneladani sifat dan akhlak Baginda Nabi Muhammad Saw.  “Peringatan Maulid Nabi ini bukan sekadar seremonial peringatan, tapi ada nilai yang dapat kita ambil dan kita teladani dari sosok Baginda Rasul Muhammad Saw. untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari,” ucap Murdifah.

Kemudian lanjut ke acara inti yakni ceramah agama yang diisi oleh Ustaz Abdurrahman Hisyam dari Ponpes Khadimmul Ummah. Ia memberikan nasihat yang ditujukan untuk siswa-siswi MAN Bintan dan majelis guru bahwa dalam menjalani kehidupan di dunia in,i Allah Swt. telah mengutus suri teladan yang bisa dicontoh yaitu Nabi Muhammad Saw.. Sebagaimana tema Maulid Nabi yang diangkat pada hari ini yakni, Jadikan Akhlak Dan Perilaku Rasullullah Saw. Sebagai Panutan Sehingga Melahirkan Generasi Cerdas Dan Religius.

“Di dunia ini janganlah bersifat sombong. Ada 3 tingkatan perbuatan baik yang dapat dilakukan. Pertama, berbuat baik kepada diri sendiri. Kedua ,berbuat baik kepada orang lain, dan ketiga, berbuat baik kepada Allah Swt dalam bentuk ketaatan dalam beribadah dan mengamalkannya,” terangnya.

Setelah penyampaian ceramah, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang perlombaan. Lomba Tahfiz Qur’an diraih oleh, juara I Nova indasari (kelas XI MIPA), juara II Nabilah Syafiqah  (kelas X MIPA II), juara III Srikandi  (kelas X IPS II). Lomba Tahfiz Hadis diraih oleh, juara I Nur Aizah (kelas X MIPA II), juara II Nur Afifah Khaira (kelas XI MIPA), juara III Sonia Hermawan (kelas XII MIPA). Lomba Selawat, juara I grup kelas X MIPA 1, juara II grup kelas XII MPA, juara III grup kelas XI IPS 1. Lomba story telling diraih oleh, juara I Rizki Nurliani (kelas XI MIPA), juara II Anggi Anggeraini Safitri  (kelas XI IPS I), juara III Junifa Devi (kelas XII MIPA).

“Kami ucapkan selamat bagi para pemenang dan kepada semua peserta lomba atas partisipasinya. Peserta yang belum berhasil menjadi juara saat ini masih ada kesempatan lagi di tahun depan,” kata Awi yang saat itu bertindak sebagai pembaca pengumuman pemenag lomba. (enny/amilia)
 

708

Berita Terkait