Jumat 06 Agustus 2021

Berita

MAN Bintan Buka PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 Hingga 4 Juli 2021

18-06-2021


* MAN Bintan Buka PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 Hingga 4 Juli 2021

(Kemenag Bintan) – Jumat (18/6/2021), tahun pelajaran 2021/2022 akan dimulai pada 12 Juli 2021. Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan satuan pendidikan sebelum dimulainya tahun pelajaran baru adalah penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bintan melaksanakan PPDB berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) yang dijelaskan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7292 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. PPDB yang dibuka menggunakan 2 jalur yaitu regular dan mandiri.

Guna kelancaran kegiatan tersebut Kepala MAN Bintan, Hj. Murdifah, melalui rapat internal membentuk Panitia PPDB, sehingga semua kegiatan seperti mengadakan promosi, sosialisasi, persiapan administrasi, seleksi, hingga tes masuk menjadi fokus tanggung jawab panitia. Pada tahun ini, Ade Hasbi Asidiki, mendapat kepercayaan menjadi ketua panitia PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022.

“Kami sudah membentuk Panitia PPDB untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut, untuk itu ikuti sesuai juknis yang ada. Perlu saya ingatkan juga kepada panitia bahwa saat calon siswa mendaftar tidak ada biaya pendaftaran ataupun biaya administrasi yang dipungut karena semua sudah tersedia di dalam anggaran dana BOS Madrasah,” terang Murdifah pada saat rapat pembentukan panitia PPDB.

Insyaallah tahun ini akan dibangun asrama siswa di MAN Bintan. Oleh sebab itu, kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak semoga pembangunan berjalan lancar dan segera terwujud rencana MAN Bintan menjadi madrasah berasrama,” tambahnya.

Pada jalur regular, proses PPDB di MAN Bintan menggunakan sistem dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Melalui sistem daring calon siswa dapat mendaftar tanpa bertatap muka, cukup menggunakan HP android siswa dapat mendaftar, sehingga dapat mengurangi risiko penyebaran covid-19. Sedangkan melalui sistem luring, MAN Bintan memberikan kesempatan kepada calon siswa yang tidak dapat melakukan pendaftaran secara daring namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Untuk jalur mandiri sendiri baru akan dibuka pada tanggal 28 Juni—4 Juli 2021.

“Sejak PPDB kita buka sampai hari ini, sudah ada 58 calon siswa yang mendaftar melalui jalur regular baik secara daring maupun luring. InsyaAllah masih akan terus bertambah sampai hari terakhir PPDB dibuka yaitu pada tanggal 8 Juli mendatang,” ujar Sekretaris PPDB, Encik Rosalina. (daman/amilia)

 

159

Berita Terkait