Kamis 26 November 2020

Berita

MAN Batam Ukir Prestasi Diajang KSMO 2020

21-11-2020


* MAN Batam Ukir Prestasi Diajang KSMO 2020

Batam, Humas - Alhamdulillah, Allahu Akbar. Itulah ungkapan yang pertama kali keluar dari siapapun peserta perlombaan yang dinyatakan menang, demikian juga halnya dengan MAN Batam. Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berbeda untuk semua ajang perlombaan, termasuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang tahun ini dilaksanakan dengan online, karena pandemi covid-19.

Alhamdulillah, Madrasah Aliyah Negeri Batam, tahun 2020 ini berhasil mengibarkan bendera kemenangan di kancah nasional melalui kegiatan Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO). Tahun ini MAN Batam berhasil meraih 4 (empat) mendali tingkat provinsi dan 2 (dua) mendali tingkat nasional.

Tingkat provinsi, bidang Geografi diraih oleh Ahmad Irfan Ardiansyah meraih juara 1 (mendali emas) dan bidang Biologi diraih oleh Riris Srikandi juara 1 ( mendali emas), bidang Ekonomi diraih Rahma Eliswita memperoleh juara 2 (Perak) dan bidang Matematika, diraih Amanda Maheswari juara 2 (Perak). Sedangkan Ditingkat nasional bidang Geografi diraih oleh Ahmad Irfan Ardiansyah meraih juara 2 (mendali perak) dan bidang Biologi diraih oleh Riris Srikandi juara 3 ( mendali perunggu). Kompetensi Sains Madrasah (KSM) merupakan lomba bidang sains di bawah kementerian Agama, dengan jenis soal yang terintegrasi dengan mata pelajaran agama dan Bahasa asing, seperti Quran Hadits,  Fikih, Akidah Akhlak,Sejarah Kebudayaan Islam,  Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Hal inilah yang membedakan dengan jenis soal olimpiade lainya, sehingga soal KSM memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Pengumuman hasil KSMO sudah dinanti-nanti oleh semua peserta dan juga para pembimbing. Semua berharap untuk mendapat juara pada kompetisi ini, namun dengan banyaknya peserta yang ikut tentunya ada yang akan jadi juara dan ada yang belum jadi juara. Pengumuman hasil KSMNO membuat kebahagiaan bagi yang dapat juara dan kesedihan bagi yang belum beruntung. Disinilah peran para pembimbing dan Madrasah untuk memberikan penguatan. Sebenarnya kiita menyakini bahwa anak-anak yang ikut olimpiade merupakan anak-anak pilihan dari Madrasah masing-masing, namun karena harus dipertandingkan ditingkat provinsi dan nasional, maka  konsekuensinya ada yang dapat juara dan ada yang belum dapat juara.

Informasi keberhasilan inipun membuat kebahagiaan dari koordinator olimpiade MAN Batam, M. Faiz. Selain Bahagia, Koordinator yang dikenal sabar dan kalem inipun juga merasa bangga kepada semua peserta olimpiade. “Terima kasih saya ucapkan kepada Ibu Kepala Madrasah, Bapak dan Ibu Pembina olimpiade maupun bidang keagamaan yang telah memberikan support selama pelaksanaan KSMO 2020, begitu juga dengan anak-anak semua yang sangaaattt luar biasa perjuangannya selama ini, ungkap M.Faiz dengan penuh keceriaan. Pak Faiz, begitu panggilan sehari-hari, selain memberikan ucapan selamat kepada para juara, Beliau juga memberikan penguatan kepada para peserta yang belum mendapatkan juara tahun ini, agar anak-anak tetap semangat.

Keberhasilan para peserta KSMO dari MAN Batam juga membuat orang nomor satu di MAN Batam merasa Bahagia dan bangga kepada para peserta yang mendapat juara dan memberikan penguatan kepada para peserta yang belum memperoleh juara tahun ini. “Terima kasih yang tidak terhingga untuk anak-anak Ibu semua yang sudah belajar dan bekerja keras atas capaiannya, semoga sukses dunia dan akhirat, jangan pernah sombong dan cepat puas, selalu giat, dan bagi anak-anak yang belum juara selalu manfaatkan peluang yang ada, mundur selangkah untuk maju 1000 langkah”, ungkap Kepala MAN Batam, Khairina.

Semoga keberhasilan anak-anak tahun ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk masa yang akan datang, selain itu tentunya diharapkan dapat memberikan motivasi untuk peserta didik MAN Batam yang lainnya. 

79

Berita Terkait