Minggu 19 Mei 2019
Al-Ahad 14 Ramadhan 1440

Berita

MAN Batam Luncurkan Kartu Pelajar Digital

26-04-2019


* MAN Batam Luncurkan Kartu Pelajar Digital

BATAM, HUMAS – Inovasi demi inovasi kembali diluncurkan di MAN Batam. Kali ini, MAN Batam meluncurkan Kartu Pelajar Digital sebagai pengganti Kartu Pelajar konvensional sebelumnya. Bekerja sama dengan Bank BNI Syariah (BNIS), Kartu Pelajar Digital ini mulai didistribusikan kepada para siswa hari Kamis (25/4) kemarin.

Kepala MAN Batam, Khairina, melalui Humas Rio Nur Iman menjelaskan bahwa program ini sudah dirancang sejak tahun lalu, namun terkendala teknis sehingga agak terlambat dalam pelaksanaannya. "Sebenarnya, sejak PPDB tahun lalu sudah diprogramkan, namun terkait pergantian manajemen BNIS dan peralihan vendor, maka baru bulan ini Kartu tersebut dapat didistribusikan,” ujar Rio.

Rio menambahkan, untuk tahap awal, kartu ini akan diuji cobakan pada siswa kelas X. “Kedepan, seluruh siswa akan mendapat kartu ini dan menggunakannya untuk berbagai manfaat dan kegunaan  lainnya,” tambah Rio.

Sementara itu, Kepala Cabang Pembantu BNIS Batuaji, Abdi Tunggal menjelaskan bahwa para siswa dapat mengambil banyak manfaat dari kartu ini. “Kartu Digital ini selain sebagai identitas, juga dapat digunakan sebagai alat transaksi non tunai di Koperasi atau Kantin MAN Batam,” ujar Abdi.

“Selain itu, juga sebagai kartu absen, dimana setiap siswa masuk atau pulang, maka notifikasi akan otomatis terkirim ke aplikasi Platform Sekolah Pintar (PSP) yang sudah diunduh oleh orang tua siswa, begitu juga untuk setiap transaksi,” tambah Abdi.

Salah seorang siswa yang ditemui, Dianisa, menyatakan antusiasme dan kegembiraannya terkait kartu digital ini. “Seneng banget, kita bisa transaksi hanya dengan gesek atau temple kartu, kesannya sangat modern dan bergengsi. Semoga segera bisa dioperasikan,” ujar Dianisa.

Rio menjelaskan bahwa untuk beberapa waktu kedepan, masih diperlukan sosialisasi terutama kepada orang tua agar memahami benar penggunaan aplikasi PSP ini. “Sambil menunggu alat pindai yang sedang dalam pengiriman, kami terus akan sosialisasi baik ke siswa maupun orang tua. Insya Allah di tahap awal, kartu akan digunakan untuk proses transaksi di Koperasi,” pungkasnya.

209

Berita Terkait