Minggu 17 Januari 2021

Berita

Mahbub Daryanto : Keluarga Adalah Harta Paling Berharga

20-11-2020


* Kepala Kakanwil memberikan materi pada acara Bimbingan Perkawinan

(Kemenag Lingga) -- Dalam paparannya Kepala Kanwil Kemenag Kepri berpesan agar catin menuntut ilmu tentang bagaimana membina rumah tangga. "Kita diminta menyambung zuriat. Ini adalah bagian dari proses regenerasi," pesan DR. Mahbub Daryanto, M.Pd.I, Jumat(20/11).

"Istri akan menjadi ibu bagi anak-anak kita. Ibu memegang fungsi strategis dalam keluarga. Bagaimana keluarga menjadi fungsi pelindung, pelayan anggotanya," tambahnya.

"Harta yang paling berharga adalah keluarga. Oleh karena itu, perlu pengetahuan bagaimana menjaga merawat harta ini. Jangan kita sia-siakan amanah yang sudah dititipkan oleh Allah SWT.

Media sosial menjadi tantangan keluarga hari ini. "Bijak bermedsos adalah bagian penting dalam kehidupan hari ini. Tentu banyak godaan lewat media sosial. Semua tergantung kita dalam cara penggunaannya," ujar Mahbub.

"Kunci utama dalam berkeluarga adalah menjaga sholat. Jangan tinggalkan sholat. Terus saling menyemangati dalam beribadah. Selain, sholat wajib laksanakan sholat-sholat sunah lainnya. Semoga rumah tangga kita selalu diridhoi dan diberkahi," bebernya.

"Jangan mengadu atau curhat dengan orang lain. Tetapi mengadulah dengan Allah, jika ada hal atau cobaan dalam keluarga," ingatnya.

Khusus kepada calon suami juga harus mampu menguasai diri. "Artinya jangan ego dalam berumah tangga. Goncangan dalam rumah tangga tentu dihadapi semua pasangan rumah tangga. Sikapi dengan bijak setiap persoalan. Selesaikan persoalan dengan baik,"pesannya.

Paling penting selalu transparan terkait penghasilan. "Jangan dirahasiakan penghasilan yang diperoleh. Tujuannya adalah agar istri bisa mengatur belanja kebutuhan rumah tangga," katanya.

"Jaga sikap kita terhadap orang tua dan mertua. Kenapa? karena perilaku kita akan dicontohikuti oleh anak-anak kita nantinya. Bagaimana kita bersikap hari ini, maka begitu pula anak-anak kita akan memperlakukan kita kedepan. Berikan anak-anak kita contoh terbaik," pesannya lagi. (zaid)

68

Berita Terkait