Selasa 19 Oktober 2021

Berita

LPTQ Bersama Kemenag dan Pemda Bintan Gelar MTQ Santri dan Mualaf

13-10-2021


* Semarak HSN 2021, LPTQ Bersama Kemenag Bintan Gelar MTQ Santri dan Mualaf

(Kemenag Bintan) – LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Kabupaten Bintan bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bintan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan menggelar MTQ Santri TPQ, MDTA, Pondok Pesantren (Ponpes), dan Mualaf. Kegiatan ini adalah rangkaian pertama peringatan HSN (Hari Santri Nasional) 2021.

Kegiatan dihadiri oleh Plt. Bupati Bintan yang saat itu diwakili oleh H. Mohammad Setioso selaku Asisten I Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Hadir pula Kabag Kesra Setda Bintan, H. Indra Gunawan, dan Camat Toapaya, Neppy Purwanto, dan K.H. Nurcholis, Ketua Yayasan Ponpes Madani Tebuireng Bintan XIV, K.H. Nurcholis, Lurah Toapaya Asri dan pimpinan Ponpes se-Kabupaten Bintan.

Ketua Pelaksana kegiatan, Muhammad Hasbi, melaporkan MTQ Santri diikuti oleh santri TPQ, MDTA, dan Pondok Pesantren se- Kabupaten Bintan. Pada hari yang sama juga dilakukan MTQ Mualaf. Cabang MTQ yang dilombakan adalah Syarhil Qur’an.

“Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari. Hari ini pelaksanaan lomba dan esok hari penutupan dan penyerahan piala,” kata Hasbi di Panggung Seni dan Kreativitas Kemenag Bintan, Rabu (13/10/21).

Dalam sambutannya, Kakankemenag Bintan, H. Erman Zaruddin, menyampaikan kegiatan dijalankan oleh LPTQ Bintan bekerja sama dengan Kantor Kemenag Bintan. Anggaran pelaksanaan bersumber dari hibah Pemerintah Kabupaten Bintan.

“Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memajukan prestasi MTQ dan membumikan Al-Qur’an di Kabupaten Bintan. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terutama kepada Plt. Bupati Bintan, Kabag Kesra, Camat, Lurah, dan semua perangkat yang ada di kegiatan ini. Kegiatan ini terjadi atas sumbangsih semua termasuk peserta,” ucap Erman.

Pada saat itu, Erman juga menyampaikan kabar bahwa 3 orang Kafilah Bintan melaju mewakili Provinsi Kepulauan Riau untuk mengikuti STQH nasional di Sofifi Maluku Utara pada tanggal 13 – 23 Oktober 2021. “Semoga mereka yang diutus dapat memberikan nama baik dan menjadi pemicu dan pelecut bagi adik-adik agar meningkatkan kemampuan dan membawa Kabupaten Bintan yang gemilang,” harapnya.

Sementara, Asisten I Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bintan, H. M. Setioso, mewakili Plt. Bupati Bintan mengatakan, kegiatan MTQ rutin dilaksanakan oleh LPTQ untuk meningkatkan syiar agama khususnya pengembangan Al-Qur’an. Ia berharap semangat kegiatan ini tidak luntur. Pola-pola pengembangan ini harus tetap dilanjutkan.

“Selamat kepada adik-adik peserta. Semangat terus berlatih dan menuntut ilmu agama, jangan pantang mundur. Apapun hasil perlombaan ini pasrahkan saja kepada Allah, yang terpenting sudah memberikan yang terbaik. Semoga melalui kegiatan ini, para peserta bisa menjadi kader-kader Kafilah Bintan kedepannya,” ungkap Setioso.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan MTQ santri.  MTQ santri TPQ dan MDTA bertempat di Aula Kantor Kemenag Bintan, sedangkan MTQ Mualaf dan santri Pondok Pesantren bertempat di Panggung Seni Kreativitas dan Inovasi Kantor Kemenag Bintan.

Secara rinci, jumlah peserta yang mengikuti MTQ santri  terdiri dari, santri TPQ 6 regu, santri MDTA 6 regu, santri Ponpes 10 regu. Sedangkan MTQ Mualaf diikuti oleh 4 regu yang berasal dari Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kecamatan Bintan Timur, dan Kecamatan Bintan Utara. (amilia)


 

79

Berita Terkait