Rabu 06 Juli 2022

Berita

Laporan Ketua Panitia Pada Pembukaan Pembinaan Manasik Haji Kemenag Anambas Tahun 1443 H/2022 M

25-05-2022


* Laporan Ketua Panitia Pada Pembukaan Pembinaan Manasik Haji Kemenag Anambas

Kemenag Anambas (Humas)- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggelar pembinaan manasik haji bagi Jamaah Calon Haji Anambas. Rabu 25 Mei 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula PLHUT Kemenag Anambas dengan dihadiri oleh Asisten I Bupati, Kapolres Anambas,Kakankemenag
Kasubbag TU, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tarempa,Kepala Bea dan Cukai, Kabag Bina Kesra, Dinas Kesehatan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Ketua MUI, Ketua IPHI, Kepala Kantor Urusan Agama,dan Jamaah Calon Haji Kab. Kepulauan Anambas.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Kasi PHU,Muslimin Can,S.Pd.I menyampaikan bahwa pada musim Haji tahun 1443 H/ 2022 M pemerintah Arab membuka dan menetapakan kuota haji Indonesia untuk penyelenggaraan tahun (1443 H/ 2022 M sejumlah 105.1000 (seratus ribu lima puluh satu orang)

"Terdiri dari Kuota haji regular sejumlah 92,825 (Sembilan puluh dua ribu delapan dua puluh lima) orang; dan Kuota haji khusus sejumlah 7.226 (tujuh ribu dua ratus dua puluh orang, dengan pembatasan usia jemaah di bawah 65 tahun." tambahnya.

"Kegiatan Bimbingan Manasik Haji merupakan tata cara pelaksanaan Ibadah sesuai dengan rukun-rukun Haji. Dalam memenuhi amanat tersebut pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama untuk melaksanakan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2022 M",ujarnya.

Adapun tujuan dari pembinaan manasik haji ini ialah untuk memberikan pemahaman dan bimbingan manasik haji kepada jemaah calon haji. Bimbingan manasik haji di laksanakan pada hari Rabu s.d Jum'at,tanggal 25 s.d 27 Mei 2022 di Gedung PLHUT Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas Jl. Soekarno Hatta Rintis Hulu Desa Tarempa Selatan Kecamatan Siantan.

Sedangkan pesertanya adalah Jemaah Calon Haji Kabuapten Kepulauan Anambas Tahun 1443 Hijriah / 2022 Masehi berjumlah 18 orang jemaah dan 1 Orang jemaah mutasi dari Kabupaten Natuna ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Total Jemaah Calon Haji Kabupaten Kepulauan Anambas yang berangkat menunaikan haji berjumlah 19 orang.

141

Berita Terkait