Sabtu 19 Oktober 2019
As-Sabt 19 Syafar 1441

Berita

Kunjungan Kerja dan Pembinaan Pegawai Ka. Kanwil Kemenag Kepri di Kabupaten Karimun

12-06-2019


* Kunjungan Kerja Ka. Kanwil Kemenag Kepri di Kabupaten Karimun, Rabu (12/6/2019)

Kunjungan Kerja dan Pembinaan Pegawai Ka. Kanwil Kemenag Kepri di Kabupaten Karimun

Karimun (Inmas) – Ka. Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, S.H., M.A beserta jajarannya melaksanakan kunjungan kerja di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. Kegiatan kunjungan kerja disejalankan dengan kegiatan Halal Bi Halal Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Rabu (12/06/2019). 

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB diawali dengan sambutan dari Ka. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri, yang menyampaikan beberapa laporan kepada Ka. Kanwil Kemenag Kepri.

“Yang pertama tentang kondisi kepegawaian atau jumlah pegawai  di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Karimun sangat minim, sehingga sampai saat  ini kami belum bisa mengusulkan Kepala Sub Tata Usaha untuk MAN kita, akrena keterbatasan SDM, untuk kendala sudah kami usulkan.” Ungkap H. Jamzuri.

Karena itu, lanjut H. Jamzuri ia berharap agar ada pegawai dari luar daerah yang bisa ditugaskan sebagai Subbag Tata Usaha di MAN Karimun.

“Selanjutnya adalah tentang penegerian MA Al-Huda yang prosesnya sudah berjalan hampir 3 tahun, dimana semua syarat-syarat sudah terpenuhi. Besar harapan kami agar MA Al-Huda dapat dibantu sehingga segera menjadi Madrasah  Negeri.” Lanjut H. Jamzuri.

Ia menyampaikan bahwa MA Al Huda ini sangat bersejarah dimana yang pertama sekali berdiri di Kabupaten Karimun sebelum ada madrasah-madrasah di Kabupaten Karimun. 

“Karena itu kami berharap penegrian MA Al-Huda ini bisa menjadi prioritas pada tahun depan.” Pintanya.

Yang ketiga, H. Jamzuri menyampaikan tentang pelaksanaan PTSP di Kemenag Kabupaten Karimun, dimana sesuai arahan dari Ka. Kanwil Kemenag Kepri bahwa semua Kantor Kemenag Kabupaten/Kota sudah harus memberikan pelayanan PTSP sebagai upaya peningkatan terhadap pelayanan publik.

“Sudah kami tindak lanjuti meski masih dalam bentuk sederhana, tapi kami sudah menjalankan pelayanan terpadu satu pintu meski dengan tempat yang belum memadai. Mudah-mudahan pada tahun 2020 dapat dibangun ruangan khusus PTSP. Untuk perangkat lunak atau softwarenya sudah siap.” Ungkap H. Jamzuri.

Selanjutnya, H. Jamzuri juga menyampaikan kondisi 2 Kantor KUA Kecamatan yang sampai saat ini belum ada bangunan, yakni KUA Kecamatan Belat dan KUA Kecamatan Ungar.

“Kiranya mohon dibantu juga dua bangunan ini, dan saat ini masih dalam proses sertifikat tanah, dan berharap kedua kantor ini dapat segera dibangun.” Pinta H. Jamzuri lagi.

Sementara itu sambutan dan arahan dari Ka. Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin menanggapi beberapa laporan dari Ka. Kemenag Kabupaten Karimun, H. Jamzuri.

“Kita usahakan tahun 2020, kita masukkan usulan pembangunan kantor KUA mungkin lewat SBSN atau rupiah murni. Tapi syaratnya harus sudah sertifikat dan luasnya harus representatif.” Tegas Ka. Kanwil.

Kemudian terkait pengusulan Madrasah Negeri MA Al-Huda akan segera diusulkan ke Pemerintah Pusat baik ke KemenpanRB dan Kementerian Keuangan karena harus persetujuan dari Pemerintah Pusat.

Pada kesempatan tersebut Ka. Kanwil Kemenag Kepri juga mengingatkan kepada Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun yang hadir untuk tetap menjaga kebersamaan umat.

“Mari bersama-sama kita jaga kebersamaan umat, membina umat, menyelamatkan umat. Jika ada sengketa selesaikan dengan baik. Tugas kita adalah menyejukkan dalam kehidupan di masyarakat, berbangsa dan bernegara. Jangan saling menghujat di Facebook di grup WA.” Pesannya.  

Tidak lupa pada akhir sambutannya ia menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul fitri 1440 H dan memohon maaf jika ada kesalahan dan kekhilafan selama menjadi Ka. Kanwil Kemenag Kepri.

Dan berdasarkan jadwal, ba’da magrib Ka. Kanwil Kemenag Kepri akan melanjutkan kegiatannya dengan penyerahan bantuan kepada sejumlah lembaga keagamaan yang ada di Kabupaten Karimun di Masjid Baiturrahman, Teluk Air.

Kegiatan Kunjungan Kerja Ka. Kanwil Kemenag Kepri dan Halal Bi  Halal Keluarga Besar Kantor Kemenag Kabupaten Karimun dihadiri seluruh pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Kepala RA/BA, Guru dan Kepala Madrasah MI/MTs/MA, Kepala KUA Kecamatan, Kepala TPQ/DTA, Penyuluh Agama PNS/Non-PNS, Pengawas, Guru MGMP-PAI SMP/SMA/SMK  dan KKG PAI SD. Selain itu  turut hadir Pimpinan Pondok Pesantren, perwakilan organisasi keagamaan, diantaranya dari MUI Kabupaten Karimun, BAZNAS Kabbupaten Karimun, BWI Kabupaten Karimun dan lainnya. 

Reporter: Muntazhir
Editor: Hatiman
 

95

Berita Terkait