Kamis 13 Mei 2021

Berita

Kultum 1 Ramadan 1442 H/2021 M, Dr. H. Zulkarnain: Jagalah Hati Agar Tetap Berzikir Kepada Allah SWT

13-04-2021


* Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Dr. H. Zulkarnain menyampaikan kultum di masjid Baiturrahman Kecamatan Sekuapang

Batam (Kemenag) --- Bulan Ramadan, tentunya umat muslim yang mendapatkan pahala bukan hanya bagi orang yang mendengarkan kultum saja. Namun, bagi orang yang memberikannya atau menyampaikan tausiah juga mendapatkan pahala.

Hari pertama Ramadhan Tahun 1442 H/2021 M, setelah menjalankan shalat zuhur berjamaah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Dr. H. Zulkarnain langsung mendapatkan jadwa tausiah atau kultum dari pengurus masjid Baiturrahman, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Dalam kesempatan itu, Dr. H. Zulkarnain menyampaikan kultumnya yang bertajuk ramadhan menata hati, Selasa (13/4).

Mengingat waktu yang singkat, Dr. H. Zulkarnain langsung mengajak jamaah untuk senantiasa bersyukur. “Bersyukurlah kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bersua dengan nikmatnya bulan Ramadhan walau masih dalam kondisi Covid-19. Untuk itu, protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat,” ucapnya.

Dikatakannya, bulan Ramadhan merupakan bulan peningkatan amal ibadah, yang dijanjikan Allah digandakan berkali lipat. Dan ibadah puasa merupakan ibadah rahasia antar manusia dengan penciptanya, sehingga setiap pahalanya hanya  Allah yang mengetahuinya, kita sebagai manusia hanya menjalankannya dengan sebaik mungkin dengan mengisi ramadhan dengan berbagai amalan.

Perbanyaklah istighfar, zikir, baca qur'an dan taubat di bulan Ramadan. Jadikan  Ramadan sebagai penata hati dan penguat iman,” ajaknya.

Pada kesempatan tersebut, Dr. H. Zulkarnain yang menyampaikan kultum juga mengajak jamaah untuk senantiasa menjaga hati. Kenapa hati? Karena hati itu posisinya sentral yang dapat membentuk seseorang.

Pada hakikatnya, hati adalah puncak kendali. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam jasad manusia ada segumpal daging. Jika dia baik, baik pula seluruh jasadnya. Namun, jika ia rusak, rusak pula seluruh jasadnya. Dia adalah hati." (HR Bukhari).

“Maka dari itu, jagalah hati agar tetap berzikir kepada Allah SWT. Berusahalah agar hati kita selalu mengingat Allah SWT,” tambahnya.
--------

Humas
 

162

Berita Terkait