Selasa 18 Juni 2019
Ats-tsulatsa 14 Syawal 1440

Berita

KUA Toapaya Lakukan Perjanjian Kerjasama dengan Puskesmas Toapaya

12-06-2019


* KUA Toapaya Lakukan Perjanjian Kerjasama dengan Puskesmas Toapaya

Bintan (Humas) - Pernikahan itu adalah suatu perbuatan yang sakral dengan tujuan membentuk  suatu keluarga yang sakinah mawaddah warahmah bahagia dunia dan akhirat dibawah Ridhonya ALLAH SWT. Kebahagiaan tersebut tidak akan terwujud jika tidak diawali dengan niat yang tulus karena Allah SWT dan bekal Iman, ilmu pengetahuan agama, dan umum, serta ilmu kesehatan.

Sebelum akad nikah dilaksanakan, calon pengantin (catin) harus mengikuti bimbingan pra nikah. Bimbingan pra nikah tersebut ada 2 macam, (1) bimbingan tatap muka, (2) bimbingan mandiri.

Bimbingan tatap muka dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten/Kota dengan melibatkan pihak terkait seperti BP4, Kesehatan, Fasilitator Bimbingan Perkawinan, dan pihak lainnya yang masih terkait.

Adapun bimbingan mandiri dilakukan oleh KUA Kecamatan dengan melibatkan BP4 Kecamatan, Penyuluh Agama Kecamatan PNS maupun non PNS, dan pihak  puskesmas.

Untuk tercapainya keluarga yang bahagia, disamping pengetahuan agama, catin juga harus   memahami tentang kesehatan. Kepala KUA Toapaya, H. Zainal Nahra, S.Ag mewajibkan setiap catin mengikuti bimbingan kesehatan oleh pihak Puskesmas  Toapaya.

Langkah awal yang dilakukan Kepala KUA Kecamatan Toapaya adalah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pimpinan Puskesmas Kecamatan Toapaya, Burhanudin, SKM, (29/5/19), bahwa setiap catin harus ada Surat Keterangan telah Mengikuti Bimbingan Kesehatan oleh Puskesmas Toapaya.

Kepala KUA Kecamatan Toapaya dan Pimpinan Puskesmas Kecamatan Toapaya sama-sama berharap setiap catin memiliki ilmu pengetahuan agama, umum, dan kesehatan mumpuni dalam  menggapai keluarga yang samara. (zn_nahra)

57

Berita Terkait