Selasa 07 Desember 2021

Berita

KUA Kecamatan Toapaya Terbitkan AIW TPQ Al Ikhlas Desa Toapaya Selatan

18-10-2021


* KUA Kecamatan Toapaya Terbitkan AIW TPQ Al Ikhlas Desa Toapaya Selatan

(Kemenag Bintan) – Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra, menerbitkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) tanah wakaf TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Ikhlas Km. 19 Desa Toapaya Selatan. Gedung TPQ ini berdiri di atas tanah milik Tudi Santo.

Tudi Santo bersama keluarga mewakafkan tanah tersebut agar TPQ dapat dikelola oleh pengurus dengan baik. “Dengan diwakafkan insyaallah proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan nyaman karena sudah resmi menjadi milik umat,” ucap Tudi saat itu di KUA Kec. Toapaya, Jumat (15/10/21).

Prosesi ikrar wakaf berjalan dengan lancar. Tudi Santo selaku Wakif (yang mewakafkan) menyerahkan tanahnya kepada Nurhayati selaku Nazir (pengelola wakaf). Pengikraran berjalan lancar dengan disaksikan oleh Harun jean dan Elvi Wandi.

Selaku Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) Kecamatan Toapaya, Zainal menyampaikan kepada wakif (Tudi Santo) bahwa ia adalah orang yang beruntung. Zainal mengabarkan, pada hakikatnya harta yang dimiliki Tudi Santo adalah harta yang telah diwakafkannya.

“Selama tanah wakaf tersebut dimanfaatkan, pahalanya akan selalu mengalir kepada si Wakif, meskipun jasad kita sudah hancur didalam kubur,” kata Zainal.

Zainal mengimbau kepada Nazir yang telah ditunjuk untuk mengelola dan memanfaatkan tanah tersebut dengan baik sesuai dengan peruntukannya, serta dijaga dan dirawat. “Tanah yang telah diwakafkan ini insyAallah akan segera diusulkan untuk disertifikatkan melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan bekerja sama dengan BPN Kabupaten Bintan,” ungkap Zainal.

Semua yang hadir saat prosesi ikrar wakaf tampak tersenyum. Ahli waris dari Wakif saat itu juga telah membuat surat pernyataan jika mereka tidak akan menuntut tanah tersebut di kemudian hari dan menyatakan bahwa tanah tersebut benar diwakafkan oleh orang tuanya, Tudi Santo. (zainal/amilia)
 

52

Berita Terkait