Senin 20 September 2021

Berita

KUA Kec. Toapaya Terima Sosialisasi Persyaratan Pengajuan Sertifikasi Tanah Wakaf Terbaru

15-09-2021


* KUA Kec. Toapaya Terima Sosialisasi Persyaratan Pengajuan Sertifikasi Tanah Wakaf Terbaru

(Kemenag Bintan) – Selasa (14/9/21), KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Toapaya menerima kunjungan dari Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Kepri, Hj. Halimah beserta staf. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan persyaratan pengajuan sertifikasi tanah wakaf.

Mengawali pembicaraannya, Halimah beserta rombongan menanyakan apakah KUA Kecamatan Toapaya telah mengusulkan pengajuan sertifikat tanah Wakaf tahun 2021 dan melengkapi persyaratannya. Lebih lanjut, ia menyampaikan, ada tambahan aturan dan persyaratan baru yang harus dilengkapi dalam pengajuan sertifikasi tanah wakaf tersebut.

“Pengajuan sertifikasi tanah wakaf harus melampirkan; data identitas wakif, data identitas nazir, surat pengesahan nazir, bukti kepemilikan tanah (sertifikat,  alashak, kepemilikan lainnya sesuai dengan undang undang yang berlaku di Indonesia), surat ukur, dan dokumen Akta Ikrar Wakaf  (AIW)/ Akta Penganti  Akta Ikrar  Wakaf (APAIW). Selain itu juga ada surat permohonan nazir kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota, dan surat pernyataan dari nazir bahwa tanah wakaf tersebut tidak dalam sengketa dan dapat dijamin dalam bentuk apapun,” papar Halimah.

Menjawab hal tersebut, Kepala KUA Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra menjelaskan, mereka sebelumnya telah mengusulkan pengajuan sertifikasi tanah Wakaf dengan nomor surat B-242/Kua.32.01.9/BA.03.2/08/2021 tertanggal 13 Agustus 2021 sebanyak 14 lokasi atau 14 persil.

“Pengajuan yang kami usulkan sesuai dengan format yang telah disampaikan oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan,” terang Zainal.

Mengenai kekurangan berkas persyaratan,  Zainal akan segera  menyampaikannya kepada masing-masing nazir  terkait untuk segera menindaklanjuti. “Kami tetap mengusahakan tanah wakaf yang belum memiliki AIW untuk mendapatkan AIW. Semoga tanah wakaf terjaga dan niat wakif (orang yang berwakaf) tersampaikan, dan semoga pahalanya tetap mengalir kepada si wakif,” ujarnya.

Berikut nama-nama tanah wakaf di Kecamatan Toapaya yang diusulkan untuk disertifikasi; Masjid Al Amal Gesek Km. 22 Kelurahan Toapaya Asri, Surau  Alhidayah Km. 25 Kelurahan Toapaya Asri, Musala Alhaq  Jalan kawal Kelurahan Toapaya Asri, Musala Al Kautsar Kampung Sumber Karya Kelurahan Toapaya Asri, Masjid Nurul Hasanah Kampung Lembah Sari Kelurahan Toapaya Asri, Pondok Pesantren (Ponpes) Darussilmi Kampung Lembah Damai Asri Kelurahan Toapaya Asri, Masjid Alkausar Cikolek Km. 36 Desa Toapaya Utara, Musala Al Ikhwan Kampung Rawan Bangun Desa Toapaya Selatan, Masjid Alkaromah Jalan Lintas Barat Desa Toapaya Selatan, Musala Almuhajirin Jalan Tirta Madu Km. 20 Desa Toapaya Selatan, Ponpes Umi Al Fitrah Kampung Rawan Bangun Km. 17 Desa Toapaya Selatan, tanah perkuburan Kampung Simpangan RT 008 RW 002 Desa Toapaya Selatan, Masjid Nurul Iman Km. 32 Desa Toapaya, dan Surau Nur Hidayah Kampung Melayu Km 31 Desa Toapaya. (zainal/amilia)
 

50

Berita Terkait