Selasa 19 Oktober 2021

Berita

KUA Kec. Teluk Sebong Distribusikan Paket Sembako BAZNAS Bintan Periode September 2021

14-09-2021


* KUA Kec. Teluk Sebong Distribusikan Paket Sembako BAZNAS Bintan Periode September 2021

(Kemenag Bintan) – KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Teluk Sebong kembalil mendistribusikan bantuan 20 paket sembako dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Bintan periode September. 20 paket sembako tersebut terdiri dari 10 paket untuk warga Desa Berakit dan 10 paket untuk warga Desa Pengudang.

Kegiatan bertempat di Balai Pertemuan Desa Berakit dengan dihadiri oleh Kabag Kesra Setda Bintan, Kasi Trantib Kecamatan, Kepala KUA, UPZ (Unit Pengumpul Zakat), Penyuluh Agama, pimpinan BAZNAS Bintan, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan, dan perwakilan pemerintah desa. Hadir pula 20 orang mustahik (orang yang berhak menerima zakat/bantuan) penerima bantuan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Berakit, Adnan, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kecamatan, Kabupaten, KUA, Kemenag, UPZ Kecamatan Teluk Sebong, dan BAZNAS Bintan yang telah menentukan Desa Berakit sebagai tempat pelaksanaan pendistribusian sembako ini. “Ini adalah bentuk sinergi dalam upaya mengurangi beban warga untuk belanja keperluan sehari-hari,” kata Adnan, Senin (13/9/21).

Camat Teluk Sebong yang diwakili Kasi Trantib, Siti Singkawang, memberi apresiasi kepada UPZ Teluk Sebong dan BAZNAS Bintan yang telah merencanakan pendistribusian sembako setiap bulan 20 paket untuk setiap kecamatan. “Semoga program ini dapat terus berjalan secara program ini berkesinambungan,” harapnya.

Ketua BAZNAS Bintan, H. Suryono, berharap kepada pemerintah daerah dan Kemenag agar mendukung program BAZNAS baik secara spiritual dan material. Ia juga mengungkapkan harapannya agar program pendistribusian sembako ini menjadi penggerak hati para pengusaha muslim yang sukses agar berzakat harta (maal) atau penghasilan. “Semoga para pengusaha dan dermawan dapat menyerahkan zakat penghasilannya ke BAZNAS agar kita saling tolong menolong dalam berbuat kebaikan,” tuturnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Bintan yang mewakili Bupati Bintan, H. Indra Gunawan, mengatakan Pemerintah Bintan mengapresiasi program pendistribusian sembako seraya berharap agar program ini dapat dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan.

“Program ini perlu disosialisasikan kepada instansi, lembaga, atau badan yang ada di Pemkab Bintan. Hal tersebut agar ASN, pengusaha bersemangat untuk berzakat, dan yang lebih penting untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah,” serunya.

Terakhir, Kepala KUA sekaligus Ketua UPZ Kecamatan Teluk Sebong, Fadhil Muslimin, mengatakan sebagai Unit Pengumpul Zakat, mereka berusaha membantu menyukseskan program BAZNAS dengan mendata muzakki (orang yang berzakat), dan mustahik (orang yang berhak menerima zakat).

“Kami juga berupaya memberikan penyuluhan kewajiban berzakat kepada masyarakat. Dalam penyuluhan, kami juga mengajak gerakan cinta zakat agar menjadi muslim saleh secara pribadi serta meningkatkan kesalehan sosial. Ayo bayar zakat,” ajak Fadhil. (fadhil/amilia)
 

64

Berita Terkait