Senin 24 Februari 2020
Al-Itsnain 29 Jumadil Akhir 1441

Berita

Koordinasi Kehumasan di Bintan, Kabag TU Apresiasi Kinerja Pranata Humas Kemenag Bintan

24-01-2020


* Koordinasi Kehumasan di Bintan, Kabag TU Apresiasi Kinerja Pranata Humas Kemenag Bintan

Ceruk Ijuk (Inmas)_ Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan, S.Ag mengapresiasi kinerja pranata humas Kemenag Bintan yang telah berhasil meraih prediket sebagai kontributor berita terbanyak tahun 2019. Kemenag Bintan menjadi yang terbanyak dalam hal mengupload berita kegiatan satuan kerja pada website http://kepri.kemenag.go.id sepanjang tahun 2019 mengungguli 6 Kemenag Kabupaten/Kota lainnya.

“Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya dan piagam sudah kami serahkan beberapa waktu yang lalu. Namun tolong ditingkatkan mengingat berita di satuan kerja sangat banyak baik itu di madrasah maupun di kantor KUA. Saya ingin semua satker bisa memproduksi infografis dan fotografis untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan. Di era media sosial, masyarakat lebih mudah membaca informasi melalui padu padan gambar, baik infografis maupun fotografis,” sebut Abu Sufyan.

“Kita mengekspose berbagai kegiatan dengan maksud untuk memberikan motivasi yang baik untuk berpacu menuju kemajuan masing-masing satuan kerja, termasuk mengiklankan satuan kerja kita secara gratis,” kata Abu Sufyan.

“Dalam tata kelola data, dan berita, madrasah itu gudangnya. Banyak sekali yang bisa diekspose. Memang membutuhkan gerakan untuk melakukan ini semua. Ini juga mendukung keterbukaan informasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Inmas Kanwil Kemenag Kepri, Syahbudi, S.Kom mengatakan  tantangan humas adalah untuk citra dan reputasi Kemenag sebagai institusi yang kredibel, kapabel, penuh integritas dan dedikasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 

Tugas humas, Syahbudi menjelaskan meliputi penyebaran dan penyampaian informasi, komunikasi antar lembaga, penyelenggaraan pelayanan di bidang informasi tentang kebijakan, program, kegiatan dan kinerja Kemenag. 

Syahbudi menawarkan sejumlah solusi dalam kerangka kinerja humas Kemenag, antara lain. 
Media understanding, aparatur diminta memahami cara kerja media. 
Media relation, menjalin hubungan yang mesra dengan media.
Media handling, tangani dengan baik kegiatan yang terkait dengan media. 
Fair, institusi harus lebih dahulu adil terhadap media, jika berharap media akan adil terhadap institusi.
Fast, menghormati deadline wartawan yang ketat. 

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kemenag Bintan, Jalan Tata Bumi, Bintan, Jumat (24/01/2020). Hadir dalam kesempatan tersebut Kasi Pendidikan Agama Islam Kemenag Bintan Drs. H. Suryono, pranata humas dan peserta.

(hatiman)

108

Berita Terkait