Selasa 07 Desember 2021

Berita

Ketua BWI Kepri Kunjungi Kantor Kemenag Bintan Himpun Data Lahan Wakaf

14-10-2021


* Ketua BWI Kepri Kunjungi Kantor Kemenag Bintan Himpun Data Lahan Wakaf

(Kemenag Bintan) – Ketua BWI (Badan Wakaf Indonesia) Provinsi Kepulauan Riau, K.H. Azhar Hasyim berkunjung ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan guna mengimpun data lahan wakaf. Kunjungan tersebut disambut Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin, didampingi oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Maida Lely Syam, di ruang kerja nya, Rabu (13/10/21).

Ketua BWI Kepri, Azhar, menyampaikan tujuannya berkunjung ke Kantor Kemenag Bintan untuk menghimpun data tanah wakaf di Kabupaten Bintan. “Kami ingin mengetahui berapa jumlah tanah wakaf, berapa yang sudah disertifikasi dan berapa yang belum. Kami juga ingin tahu ada tidak tanah wakaf strategis disini,” kata Azhar yang saat itu didampingi oleh Kepala Seksi (Kasi) Tenaga Kependidikan Kanwil Kemenag Kepri, Dr. H. Zulkhaidir.

“Jika ada tanah wakaf strategis misalnya berada di tepi jalan, maka bisa dibuat sebagai tempat usaha jangka panjang bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai pengelola, contohnya SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum),” lanjut Ketua BWI Kepri periode 2018—2021.

Azhar mengatakan, sama dengan BWI nasional, BWI Kepri juga menjalankan amanah pembentukan BWI di kabupaten/kota. Ia mengucap syukur karena 7 kabupaten/kota se- Kepri sudah terbentuk BWI.

“Pendataan tanah wakaf ini untuk mengetahui adakah tanah wakaf yang masih lahan kosong supaya bisa dibermanfaatkan. Mudah-mudahan tanah wakaf di Bintan minimal terdata dan sudah tersertifikasi. Semoga semua lahan wakaf kedepannya bisa membantu ekonomi umat,” tutupnya.

Senada dengan Ketua BWI Kepri, Kakankemenag Bintan, Erman, berharap tanah wakaf di Kabupaten Bintan bertambah dan semuanya dapat disertifikasi. Ia menambahkan, Kantor Kemenag Bintan berupaya untuk berkoordinasi dengan Pemda/perangkat desa setempat untuk memudahkan sertifikasi lahan wakaf. “Wakaf adalah salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan umat,” ungkap Erman. (amilia)
 

108

Berita Terkait