Minggu 20 Juni 2021

Berita

Ketua Badan Hisab Rukyat Kab. Bintan Berikan Pelatihan Penentuan Arah Kiblat

10-06-2021


* Ketua Badan Hisab Rukyat Kab. Bintan Berikan Pelatihan Penentuan Arah Kiblat

Kemenag Anambas (Humas)- Ketua Badan Hisab Rukyat Kabupaten Bintan Muhammad Hasbi, SHI (Kasi Bimas Islam Kemenag Binatan) menjadi narasumber pada kegiatan yang diadakan melalui Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Anambas terkait pelatihan Hisab Rukyat dalam hal tentang Pengukuran Arah Kiblat.
 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Juni 2021, bertempat di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas. Hadir pada pelaksanaan kegiatan ini yang terdiri dari unsur Kemenag Anambas, Lembaga Adat Melayu, Pengadilan Agama Tarempa, Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, Bagian Kesra Setda Anambas, KUA Kec. Siantan, BAZNAS, PHBI, Pengurus Masjid Agung Baitul Makmur dan Pengurus Masjid Besar Baiturrahim Tarempa.
 
Didalam pembahasannya beliau menjelaskan bahwa dalam melakukan pengukuran arah kiblat ini membutuhkan beberapa aplikasi pendukung sebagai alat bantu dalam memperoleh data yang akurat dan sebagai alat penghitung dalam mendapatkan data yang valid.
 
Aplikasi tersebut berupa Aplikasi Suncalc org, GPS Test dan Scientific Calculator. Aplkasi GPS Test tersebut berfungsi sebagai pencari titik koordinat dari tempat yang akan dilakukan pengkuran arah kiblat yang nantinya akan dihitung dengan Scientific Calculator. Sedangkan Aplikasi Suncalc org berfungsi sebagai alat pencari data azimuth matahari dengan memasukan lokasi terkini yang terhubung secara live dan akurat.
 
Semua peserta dijelaskan secara teori dan langsung dipraktekan dengan aplikasi yang sudah terpasang pada setiap smartphone peserta, hal ini berharap para peserta lebih mudah memahami dan mengerti sehingga bisa dipraktekan minimal untuk diri sendiri.

27

Berita Terkait