Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

Kepala KUA Toapaya juga Aktif dalam Organisasi Kemasyarakatan

16-07-2019


* Kepala KUA Toapaya yang juga merupakan Ketua Paguyuban Sidorukun menyerahkan potongan Tumpeng kepada Sesepuh Paguyuban Sidorukun dalam acara perayaan ulang tahun Paguyuban Sidorukun, (14/07/19).

Bintan (Inmas) – Kepala KUA Toapaya; H. Zainal Nahra, S.Ag menghadiri acara ulang tahun Paguyuban Sidorukun di Kelurahan Toapaya Asri pada hari Minggu, (14/07/19). Paguyuban Sidorukun dibentuk 11 tahun yang lalu di Toapaya, Paguyuban ini adalah perkumpulan warga sekitar berdasarkan kesamaan asal dan suku Jawa, namun warga sekitar terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi anggota nya.

Kegiatan yang dilakukan Paguyuban Sidorukun ini adalah kegiatan sosial kemasyarakatan. Zainal Nahra selain sebagai Kepala KUA Toapaya juga merupakan Ketua dari Paguyuban Sidorukun walaupun ia bukan bersuku Jawa. Menurut Zainal, Paguyuban membantu memfasilitasi jika ada acara atau kegiatan di lingkungan sekitar. Seperti jika ada warga yang meninggal dunia, Paguyuban menyediakan perlengkapan seperti kain kafan, tenda, papan untuk liang lahat, tenda mandi mayat, tempat mandi mayat, petugas fardhu kifayah. Paguyuban juga membantu memfasilitasi jika ada warga yang mengadakan pesta atau kenduri dengan menyediakan kursi, tenda, meja, atau dengan menyewakannya dengan harga yang murah. Paguyuban  juga melakukan kunjungan jika ada warga yang sakit. Selain kegiatan sosial, Zainal juga membina anggota Paguyuban Sidorukun untuk mengorganisasi arisan Qurban setiap Hari Raya Idul Adha.

Pada momen perayaan ulang tahun itu dilakukan penyerahan potongan Tumpeng oleh Ketua Paguyuban Sidorukun kepada Sesepuh Paguyuban Sidorukun Kelurahan Toapaya Asri. Zainal selaku Ketua Paguyuban berharap agar Paguyuban ini  kedepannya menjadi lebih baik kiprah dan kepeduliannya terhadap kegiatan sosial di tengah masyarakat Kelurahan Toapaya Asri. Ketika dimintai keterangan terkait keaktifannya dalam berorganisasi, Zainal mengatakan sebaiknya Kepala KUA turut aktif dalam organisasi kemasyarakatan, agar peran Kepala KUA lebih terasa dalam masyarakat.

Kepengurusan Paguyuban Sidorukun berlaku selama 5 tahun, Zainal Nahra terpilih sebagai Ketua Paguyuban untuk periode 2018-2022. Periode sebelumnya Zainal telah terpilih sebagai Wakil Ketua Paguyuban Sidorukun selama 2 periode. (amilia)

60

Berita Terkait