Minggu 17 Januari 2021

Berita

Kepala KUA Kec. Jemaja dan Yayasan Anak Yatim Raudhatul Jannah Pulau Jemaja Gelar Sosialisasi Program Kerja

25-11-2020


* Kepala KUA Kec. Jemaja dan Yayasan Anak Yatim Raudhatul Jannah Pulau Jemaja Gelar Sosialisasi Program Kerja

Kemenag Anambas-(Humas)-Anak yatim dalam pandangan agama Islam menempati kedudukan yang istimewa. Dalam banyak ayat al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad Saw secara umum menjelaskan bahwa orang yang menyantuni dan memelihara anak yatim kelak diakhirat akan bertetangga atau dekat dengan Rasulullah Saw, beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. 

Untuk memaksimalkan upaya pemeliharaan anak yatim ditiga Kecamatan yakni; Kec. Jemaja, Jemaja Timur dan Jemaja Barat, Kepala KUA Kec. Jemaja - H. Ramli Hamid, SH.I bergerak bersama masyarakat dan tokoh agama membentuk Yayasan yang akan mengelola anak yatim yaitu "YAYASAN PANTI ASUHAN ANAK YATIM RAUDHATUL JANNAH PULAU JEMAJA. Yayasan dimaksud telah berbadan hukum dan terdaftar di Kemenkumham Nomor: AHU.0004926.AH.01.04. Tahun 2020 dan Akta Notaris XANRAMAYA, S.H., M.KN Tanjungpinang tanggal 10 Maret 2020.

Untuk menyampaikan program-program kepada masyarakat maka pengurus Yayasan bersama dengan Ka. KUA Kec. Jemaja melakukan sosialisasi di tiga Kecamatan, yakni Kec. Jemaja, Jemaja Timur dan Jemaja Barat bertempat dimasjid. Diantara program yang disampaikan adalah: 

1. Menyantuni anak Yatim dan kaum dhu'afa.
2. Khitanan massal bagi anak yatim.
3. Khataman al-Qur'an
4. Membantu biaya pendidikan dari tingkat SD, SLTP, SLTA dan Peeguruan Tinggi.
5. Menempatkan anak yatim diasrama.

Kepala KUA Kec. Jemaja yang diminta sebagai narasumber pada setiap kegiatan mengungkapkan bahwa beliau sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Anak Yatim tersebut. Sehingga kedepannya tidak ada anak yatim yang terlantar diwilayah Kecamatan Jemaja. Saat ini memang belum ada kasus anak yatim yang terlantar, namun upaya-upaya pencegahan harus kita lakukan. Karena kebutuhan anak yatim bisa bervariasi tidak hanya konsumtif tetapi masih banyak kebutuhan lainnya seperti biaya pendidikan, sehingga harapan kita dengan adanya Yayasan ini dapat mengurangi angka putus sekolah disemua jenjang pendidikan.

Ketua harian Yayasan Anak Yatim Raudhatul Jannah H. Rasyidi MS, SH mengakatan bahwa potensi dana anak yatim bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah perbulannya dan bahkan ratusan juta pertahunnya jika dikelola dengan baik. Namun itu semua tergantung dukungan dari masyarakat baik moril maupun materil. Oleh karena itu kami mohon dukungan dari masyarakat semuanya untuk kesejahteraan anak yatim kita.[]

225

Berita Terkait