Kamis 22 Agustus 2019
Al-Khomis 20 Dzulhijjah 1440

Berita

Kemenag Tanjungpinang Bina Penyuluh Agama

16-07-2019


* Kemenag Tanjungpinang Bina Penyuluh Agama

Kemenag TPI (INMAS)- Menghadapi permasalahan umat yang semakin komplek serta untuk mengingatkan para penyuluh agar senantiasa meningkatkan kompetensinya, Kemenag Kota Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan pembinaan penyuluh agama baik PAH maupun PNS dilingkungan Kemenag Kota Tanjungpinang. Selasa (16/7). kegiatan yang digelar di Aula Kemenag tersebut juga dimanfaatkan oleh peserta untuk memetakan masalah sehari-hari yang sering di hadapi oleh  para penyuluh.

Dalam materinya ketika membina sekitar 44 orang Penyuluh Agama Islam Non PNS Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, H. Samsutarmidi, S.Pd.I menjelaskan tentang letak sentral keberadaan Penyuluh Agama. “Penyuluh Agama memiliki peranan penting di kalangan akar rumput (grass root). Peran tersebut adalah sebagai teladan, panutan, sekaligus sebagai rujukan dan tempat bertanya masyarakat tentang hal ihwal keagamaan”, ujarnya membuka.

Sementara itu, H.M. Mukhsin, S.Ag Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Tanjungpinang mengatakan sebagai penyuluh, harus memiliki kesadaran bahwa penyuluhan, penerangan, bimbingan dan hal-hal terkait hal ihwal keagamaan hendaknya memiliki penjelasan yang mencerahkan. “Saya ingin menggarisbawahi kata mencerahkan itu. Karena saudara-saudara penyuluh hakekatnya adalah para dai, juru penerang, maka sampaikanlah agama dengan pendekatan sedemikian rupa sehingga penjelasan saudara itu mencerahkan”, pesannya.

Hingga saat ini, Kota Tanjungpinang memiliki 48 orang penyuluh agama Islam Honorer yang menyebar diseluruh wilayah kecamatan. Rekrutmen atas penyuluh tersebut dilakukan sekali dalam tiga tahun dengan mengedepankan kemampuan kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat. (fm)

54

Berita Terkait