Selasa 17 September 2019
Ats-tsulatsa 17 Muharram 1441

Berita

Kemenag Kota Tanjungpinang Gelar Rakor 2019

06-08-2019


* Kemenag Kota Tanjungpinang Gelar Rakor 2019

Tanjungpinang (Inmas)—Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Kemenag Kota Tanjungpinang Tahun 2019 di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa (6/8/2019).

Hadir dalam kegiatan itu para Kepala KUA se Kota Tanjungpinang, perwakilan Pemko Tanjungpinang, para pimpinan satuan kerja, pengawas dan penyuluh serta seluruh ASN Kemenag Kota Tanjungpinang.

Dalam laporannya Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang, H. Samsutarmidi mengatakan Rakor menjadi wahana dalam memberikan arahan secara umum kepada seluruh satker dan unit dilingkungan Kemenag Kota Tanjungpinang. “Wadah tersebut sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan program dan anggaran tahun yang sedang berjalan, telah lalu dan persiapan untuk pelaksanaan program dan anggaran tahun 2010,” kata Samsutarmidi.

Dengan Rakor tersebut Samsutarmidi berharap peserta bisa membahas isu-isu aktual lain yang menjadi tanggung jawab Kementerian di bidang peningkatan kualitas kehidupan beragama, kerukunan umat beragama, pendidikan agama dan keagamaan, penyelenggaraan ibadah haji dan tata kelola kepemerintahan yang baik.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari 6-7 Agustus 2019 dengan melibatkan 30 peserta utusan dari pimpinan unit dan satker di lingkungan Kemenag, pengawas pendidikan agama, tenaga kependidikan di madrasah, calon penghulu dan staf pengelola anggaran,” ujarnya lagi.

Dia lebih jauh menjelaskan kebersamaan umat merupakan motto Kemenag dalam mengajak umat untuk membangun komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama. “Yang dimaksud dengan peningkatan kualitas umat beragama adalah kita harus bisa menggaransi bahwa semakin agamisnya seseorang, kehidupan beragama semakin arif sehingga terhindar dari salah satu dari tiga hal yakni salah paham, gagal paham dan pahamnya yang salah,” tegas Kakankemenag.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA dalam arahannya sangat mengapresiasi kegiatan Rakor Kemenag Kota Tanjungpinang. Apalagi tema yang diangkat sangat sesuai dengan tiga mantra Kemenag, moderasi beragama, kebersamaan umat, dan integrasi data.

“Komitmen dari Rakor ini adalah pelayanan, Kemenag harus terdepan dalam memberikan pelayanan,” kata Kakanwil.

Tentang makna pelayanan ini, Kakanwil menjabarkan pelayanan yang dilakukan jajarannya meliputi dua hal yakni pelayanan internal dan pelayanan eksternal. Untuk pelayanan internal kepada ASN dilingkungan Kemenag, Kakanwil minta agar disegerakan. Misalnya kenaikan pangkat, pembayaran gaji dan tunjangan, dan sebagainya. “Saya mau tidak ada keterlambatan. Pada awalnya di Kanwil untuk tunjangan kinerja dibayarkan ditengah bulan, namun segera saya perintahkan untuk dibayarkan paling lambat tanggal 3 setiap bulannya dan bisa berjalan. Artinya jika kita mau berubah pasti bisa,” jelas Kakanwil.

Untuk pelayanan eksternal, Kakanwil minta dilakukan secara proporsional dan professional. Eksternal maksudnya pelayanan kepada masyarakat, instansi lain dan stakeholder yang ada di Kota Tanjungpinang. Berikan layanan yang terbaik, supaya masyarakat puas, jika masyarakat puas dengan layanan kita maka kinerja kita akan dinilai baik. Jika kinerja baik maka tunjangan kinerja juga akan naik terus,” pesannya.

“Saya juga berpesan agar Kemenag Kabupaten/Kota aktif memberikan solusi kepada satuan kerja dan unit kerja. Harus ada inovasi-inovasi baru, tidak monoton. Kerja itu harus dinamis. Contoh pelaksanaan upacara HUT RI nanti akan dilaksanakan di Kemenag Kota Tanjungpinang, saya minta undang tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuka masyarakat, pimpinan pondok pesantren agar ada kebersamaan umat sebagaimana thema kita hari ini,” urai Kakanwil.

Kakanwil juga berpesan agar Kemenag segera dapat menyediakan mesin pencetak kartu nikah, agar pelayanan kepada masyarakat semakin prima dan meningkatkan layanan PTSP yang sudah didirikan. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan kepada rumah ibadah, majelis taklim dan apresiasi siswa pemenang KSM Kota Tanjungpinang. (hatiman)

60

Berita Terkait