Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

Kemenag Karimun Gelar Kegiatan Pembinaan PPAIW (Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf)

16-07-2019


* Kegiatan Pembinaan PPAIW (Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf) di Kemenag Kabupaten Karimun, Selasa (16/7/2019)

Karimun (Inmas) -  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Penyelenggara Syariah menyelenggarakan kegiatan pembinaan Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) yang berlangsung di ruang pertemuan FKUB Karimun, Selasa (16/7/2019). Kegiatan dibuka oleh Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepri Drs. H. Edi Batara dan diikuti sebanyak 12 peserta yang merupakan utusan dari KUA Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

Penyelenggara Syariah H. Samsudin menjelaskan bahwa PPAIW (Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf) merupakan salah satu pilar penting dalam perwakafan nasional, karena berdasarkan UU Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf menjelaskan bahwa PPAIW adalah pejabat berwenang yang ditetapkan oleh Menteri Agama untuk membuat Akta Ikrar Wakaf (AIW).

“Diantara tugas pokok PPAIW adalah menyediakan administrasi wakaf yang baik dan melayani keperluan calon wakif yang akan mewakafkan sebagian harta bendanya.” Jelas H. Samsudin.

Sebagai salah satu unsur penting dalam Wakaf, PPAIW dinilai belum menunjukkan performa yang ideal dalam melayani kepentingan calon wakif. Diantara penyebabnya adalah karena PPAIW merupakan jabatan yang melekat pada Kepala KUA yang disatu sisi sudah memiliki banyak tugas dan tanggungjawab. Selain itu masih rendahnya tingkat pemahaman kepala KUA sehingga banyak masalah perwakafan yang belum ditangani secara optimal.

“Karena itulah dilaksanakannya kegiatan pembinaan PPAIW ini dalam rangka meningkatkan kualitas kompetensi dan wawasan kelimuan bagi PPAIW.” Tambah H. Samsudin.

Dari kegiatan ini pula lanjut H. Samsudin diharapkan PPAIW dapat memahami tentang tugas, wewenang dan Standar Pelayanan PPAIW tentang Wakaf sehingga kedepannya akan terwujud PPAIW yang profesional dalam pengembangan Harta Benda Wakaf di Kabupaten Karimun.

Kegiatan yang berlangsung 1 hari ini diisi dengan tiga narasumber, yakni Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepri Drs. H. Edi Batara yang menyampaikan materi tentang Tugas dan Wewenang PPAIW, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Kementerian Agama Dalam Bidang Perwakafan, dan Penyelenggara Syariah H. Samsudin yang menyampaikan materi tentang Standar Pelayanan Wakaf bagi PPAIW. (zhir)

Reporter/Penulis: Muntazhir
Editor: Hatiman
 

95

Berita Terkait