Minggu 17 Januari 2021

Berita

Kemenag Bintan Serahkan Hadiah Bagi Para Juara MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT dan Lomba Pidato Tingkat MTs se- Kabupaten Bintan

26-11-2020


* Kemenag Bintan Serahkan Hadiah Bagi Para Juara MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT dan Lomba Pidato Tingkat MTs se- Kabupaten Bintan

(Kemenag Bintan) – Rabu (25/11/2020), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menggelar acara penyerahan hadiah bagi para juara MTQ Santri Pondok Pesantren (Ponpes)/Taman Pendidikan Quran (TPQ)/ Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Lomba Pidato Tingkat MTs se- Kabupaten Bintan. Acara yang dilaksanakan di Panggung Seni dan Kreativitas dan halaman Kantor Kemenag Bintan ini, dihadiri oleh jajaran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan yakni Pjs. Bupati Bintan, Asisten I  Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Bintan, dan Kabag Kesra Bintan, serta pengurus FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren)/FKPQ (Forum Komunikasi Pendidikan Quran)/FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) Kabupaten Bintan beserta para official Kafilah masing-masing Kecamatan.


Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan selaku Ketua LPTQ Bintan: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. Dalam sambutannya, ia mengucapkan rasa syukur atas usainya pelaksanaan MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020. Ia mengulas kembali kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan antara lain Upacara Bendera Hari Santri dilanjutkan dengan istighotsah bersama di Kantor Bupati Bintan pada tanggal 22 Oktober 2020 lalu. Kemudian dilaksanakan MTQ Santri Ponpes pada tanggal 26-27 Oktober 2020 di Auditorium Razali Jaya STAIN SAR Kepri, dan MTQ Santri TPQ/MDT pada tanggal 06 November 2020 yang bertempat di Kantor Kemenag Bintan. Semua kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman dengan menghasilkan nama-nama sang juara.

Erman juga menyampaikan bahwa pada momen tersebut juga disejalankan dengan penyerahan hadiah bagi juara Lomba Pidato yang diadakan oleh KKM (Kelompok Kerja Madrasah) MTs- se- Kabupaten Bintan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 November 2020. Ia mengungkapkan bahwa perlombaan yang ditujukan bagi para peserta didik ini adalah upaya pembentukan karakter dan pendalaman ilmu keagamaan di masa pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi Protokol Pencegahan Penularan Covid-19.

“Ada 11 Cabang lomba yang kita selenggarakan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020 yang mengangkat tema Santri Sehat Indonesia Kuat.  Adapun Cabang untuk MTQ Santri Ponpes antara lain Cabang Puisi islami, Cabang Syarhil Quran Putra Putri, Cabang Tahfizul Quran untuk 1, 3, dan 5 Juz Putra Putri, Cabang lomba Yel-Yel Santri antar Ponpes, dan Cabang lomba Kaligrafi golongan Naskah. Sedangkan MTQ Santri TPQ/MDT melombakan Cabang Tahfizul Quran Juz 30 dan Tilawah, Cabang Tartil Quran, Cabang Dai Cilik, dan Cabang Baca Puisi Islami. Pada 2 kegiatan ini kami laksanakan dengan Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 antara lain pengurangan jumlah undangan, pembagian waktu dan tempat pelaksanaan MTQ Santri Ponpes dan MTQ Santri TPQ/MDT. Hal ini dipilih demi menjaga kedisiplinan menerapkan Protokol Kesehatan, karena sehat itu penting dan itu hal yang utama yang perlu kita jaga di masa pandemi saat ini.” Papar Erman.

Pada kesempatan itu Erman juga menyempatkan diri mengucapkan terima kasih karena terselenggaranya kegiatan ini atas kerjasama yang baik antara Kemenag Bintan dan Pemda Bintan. Erman juga mengucapkan terima kasih kepada Panitia Hari Santri yang telah menyukseskan acara ini bersama dengan jajaran Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PDPP).

Sementara itu, Asisten I Setda Bintan: Drs. H.  M. Setiyoso, M.M. dalam sambutannya turut mengucapkan selamat kepada para penerima hadiah perlombaan. Ia mengapresiasi kerja keras Panitia Pelaksana kegiatan Hari Santri yang telah mengadakan kegiatan Hari Santri di tengah masa pandemi, menurutnya new normal bukan berarti menghentikan aktivitas namun menyesuaikan dengan Protokol yang ada.

Setiyoso juga mengapresiasi LPTQ  Kabupaten Bintan karena bukan hanya mengadakan kegiatan pada hari ini saja namun berbagai kegiatan telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Menurutnya, LPTQ bukan hanya lembaga seremonial namun lembaga yang secara berkontinyu konsisten membangun pengetahuan Islam di Kabupaten Bintan.

Setiyoso menginformasikan bahwa 2 orang Kafilah Bintan pada ajang MTQ Tingkat Nasional di Sumatera Barat beberapa waktu lalu berhasil mendapat juara 3 dan 4. “Saya berharap semoga adik-adik yang hadir pada hari ini dapat termotivasi untuk menggali potensi dirinya lebih dalam. Semoga dari kalian ada yang bisa membawa nama baik Kabupaten Bintan pada gelaran STQ dan MTQ selanjutnya.

“Mari terus berkoordinasi antara Kemenag dengan Pemda Bintan agar generasi muda Bintan bisa lebih berprestasi. Bukan hanya sekedar menjadi juara, namun juga dapat memaknai dan menghadirkan pengetahuan tersebut di tengah masyarakat. Kami siap menerima masukan untuk meningkatkan kemajuan Bintan menjadi lebih baik.” Ujar Setiyoso.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Penetapan Kemenangan MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT oleh Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua FKPP Bintan: Dr. Suparman Manjan, Lc.M.Ed. Terdapat 33 orang juara 1, 2, 3 dari berbagai Cabang lomba dari masing-masing Kecamatan se- Kabupaten Bintan.

Setelah itu, Kepala Seksi PDPP: Drs. H. Ulil Amri membacakan Surat Keputusan Penetapan Juara Umum MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT. Ulil mengumumkan bahwa Kecamatan Bintan Timur berhasil menjadi Juara Umumnya. Ia menyebutkan jika selama 3 tahun berturut-turut sang Juara Umum dapat mempertahankan pencapaiannya maka berhak memiliki Piala Bergilir.

Terakhir dilakukan penyerahan Piala Bergilir oleh Pjs. Bupati Bintan: Drs. Buralimar, M.Si. kepada perwakilan dari Kecamatan Bintan Timur. Buralimar mengucapkan selamat kepada pemenang dan berharap agar prestasi ini dapat terus ditingkatkan.  Kemudian acara ditutup dengan penampilan musik islami yang dibawakan oleh para santri Ponpes Idris, pada saat itu Kepala Kantor Kemenag Bintan dan Pjs. Bupati Bintan turut serta mencoba memainkan gendang. (amilia)


 

132

Berita Terkait