Senin 24 Februari 2020
Al-Itsnain 29 Jumadil Akhir 1441

Berita

Kemenag Bintan Gelar Pembinaan Dakwah di Medsos Bagi Penyuluh

14-02-2020


* Kemenag Bintan Gelar Pembinaan Dakwah di Medsos Bagi Penyuluh

(Kemenag Bintan) – Kantor Kemenag Bintan melalui Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Pembinaan Dakwah di Medsos (Media Sosial) bagi para Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS dan Non PNS pada Kamis (13/02/2020). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula Kantor Kemenag Bintan ini dihadiri oleh 75 PAI se- Kabupaten Bintan.
     
Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan bertujuan agar para PAI dapat berperan aktif dalam pendidikan keagamaan di masyarakat, serta dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuannya sehingga mampu melaksanakan tugas menyuluh dalam bentuk media cetak maupun media sosial. Narasumber pada kegiatan ini ada 4 (empat) orang yaitu Kepala Kantor Kemenag Bintan, Kabid Bimas Kanwil Kemenag Kepri, Kasi Bimas Islam Kemenag Bintan, dan Praktisi Media Sosial dari RRI Tanjungpinang.


Pada pembinaan tersebut, Kakankemenag Bintan; Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd membahas tentang Prinsip-Prinsip Moderasi Agama dalam Dakwah, Kabid Bimas Islam; Drs. H. Edi Batara membahas tentang Tantangan Penyuluh Agama Islam di Era Digital, Kasi Bimas Islam; Muhammad Hasbi, S.HI membahas tentang Tugas dan Fungsi Penyuluh Agama Islam, dan Narasumber terakhir yaitu Penyiar Radio RRI Tanjungpinang; Rima Melati, S.Ag yang membahas tentang Dakwah Via Medsos.

“Melihat dari data yang ada, jumlah penganut Agama Islam dan jumlah tempat ibadah umat Islam adalah yang terbanyak di Kabupaten Bintan. Untuk itu fungsi Penyuluh Agama Islam sangat dibutuhkan disini, terlebih wilayah Bintan terdiri dari beberapa pulau, sehingga dakwah dengan konten moderasi beragama membutuhkan bantuan Medsos untuk dapat menjangkau batasan wilayah dan usia.” Ucap Erman dalam materinya.

“Jika kegiatan penyuluhan hanya dilakukan dalam kajian - kajian Majelis Taklim atau perkumpulan tertentu, maka pesan dakwah yang disampaikan tidak luas dan terbatas. Cara penyampaian dakwah harus menyesuaikan dan memanfaatkan perkembangan modernisasi dan globalisasi zaman. ” Tambahnya.

Kegiatan pembinaan dilaksanakan dari pagi hingga sore. Kegiatan pembinaan berjalan lancar walaupun mengalami keterlambatan karena Keluarga Besar Kemenag Bintan mendapat kemalangan dengan meninggalnya salah satu pegawainya pada hari itu. Kasi Bimas Islam, Hasbi berharap dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan ini, para PAI di Kabupaten Bintan mulai menggeliat memanfaatkan Medsos sebagai media dakwahnya. (amilia)
 

50

Berita Terkait