Sabtu 19 Oktober 2019
As-Sabt 19 Syafar 1441

Berita

Kemenag Bintan Fasilitasi Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan

23-07-2019


* Suasana kegiatan pendampingan penyusunan laporan keuangan semester 1 TA 2019 di Gedung Aula Kemenag Bintan.

Bintan (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan memfasilitasi pelaksanaan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Semester 1 Tahun Anggaran 2019 yang diinisiasi oleh Tim SAI (Sistem Akuntansi Instansi) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau dengan bertempat di Gedung Aula Kemenag Bintan selama dua hari pada hari Senin dan Selasa, (22-23/07/19). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan; Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Bintan; Drs. Syafrizal.
  
Kegiatan pendampingan ini dihadiri adalah Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Kemenag Kota Tanjungpinang, dan Kemenag Kabupaten Bintan. Peserta kegiatan pendampingan terdiri dari operator persediaan, operator SIMAK BMN (Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara), dan operator SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual).


Pendampingan ini dilaksanakan untuk membahas  penyusunan laporan keuangan semester I Tahun Anggaran 2019 dari bulan Januari hingga bulan Juni. Pada pendampingan ini para peserta pendampingan harus memastikan saldo akun-akun neraca per 1 Januari 2019 sama dengan saldo Laporan Keuangan Tahun 2018 Audited, melakukan rekonsiliasi antara dan SIMAK BMN dengan versi terbaru; melakukan telaah laporan keuangan dari dari Neraca Percobaan, Neraca Laporan Operasional, dan Laporan Perubahan Ekuitas; melakukan jurnal balik terhadap transkasi akrual Juni 2018 dan transaksi penyamaan saldo awal jika ada; serta melakukan proses unggah ADK (Arsip Data Komputer) SAIBA bulan Juni 2019 pada aplikasi e-rekon setelah melakukan langkah-langkah pada poin diatas sesuai jadwal yang diedarkan oleh KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Tanjungpinang.

Pendampingan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu pertengahan tahun untuk Semester I dan akhir tahun untuk Semester II.  Tindak lanjut dari Pendampingan ini adalah selesainya catatan atas laporan keuangan (CALK) dalam bentuk hardcopy dan softcopy untuk Semester I TA 2019 oleh masing-masing Satker.
Kemenag Bintan sendiri memiliki 6 unit organisasi yang menjadi satuan kerjanya yaitu; Sekretariat Jenderal (418182), Bimas Islam (418183), Pendidikan Islam (418184), Bimas Kristen (418185), Bimas Buddha (418186), PHU (Penyelenggara Haji & Umroh) (418187).

Kemudian setelah laporan tiap Satker tersebut terkumpul di operator SIMAK BMN dan operator SAIBA maka untuk operator SIMAK BMN akan menyerahkan laporan dalam bentuk hardcopy ke Kanwil sebagai arsip dan ke KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) lalu mengunggah laporan dalam bentuk softcopy ke aplikasi e-rekon-lk.djpbn.kemenkeu.go.id, sedangkan untuk operator SAIBA akan menyerahkan laporan dalam bentuk hardcopy ke Kanwil sebagai arsip dan KPPN, lalu mengunggah laporan dalam bentuk softcopy ke aplikasi e-rekon yang sama.

Penyusunan Laporan Keuangan Kemenag Bintan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang sehat dalam pemerintahan.(amilia)
 

96

Berita Terkait