Kamis 22 Agustus 2019
Al-Khomis 20 Dzulhijjah 1440

Berita

Kemenag Bintan Bersama FKPQ Kecamatan Gunung Kijang Gelar Wisuda 201 Santriwan/ti

29-04-2019


* Kemenag Bintan Bersama FKPQ Kecamatan Gunung Kijang Gelar Wisuda 201 Santriwan/ti

Bintan (Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Drs. H. Erman Zaruddin, M.MPd bersama Ketua DWP Kemenag Bintan menghadiri acara Wisuda 201 Santriwan/ti Kecamatan Gunung Kijang di GOR Kecamatan Gunung Kijang, Minggu (28/4/19). Dengan Tema ”Dengan wisuda santri TPQ kita wujudkan Santri-santri yang Qurani yang berlandaskan iman dan taqwa“.

Drs. Mukhroji, M.Md. selaku ketua pelaksana, menyampaikan Jumlah peserta santri yang diwisuda sebanyak 201 orang santri, merupakan perwakilan dari 3 Desa dan 1 Kelurahan dengan jumlah 201 Santri.

Acara wisuda santri TPQ tersebut diawali dengan membacakan Ikran Santri. Adapun anak-anak yang diwisuda pada hari ini adalah yang telah lulus munaqosah yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur`an (FKPQ) Kecamatan Gunung Kijang. Dan anggaran wisuda yang dilaksanakan pada hari ini merupakan dipungut dari para peserta santri sebanyak Rp. 120.000,-/orang.

KaKankemenag Bintan dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah lembaga TPQ Se-Kabupaten Bintan sebanyak 285 lembaga dengan 1.954 orang Guru TPQ dan 16.965 Santri Se-Bintan, untuk Kecamatan Gunung Kijang jumlah lembaga 38 lembaga dengan 174 Ustadz/dzah dan 2.206 Santriwan/ti. Dengan harapan agar lembaga pendidikan Non Formal kedepan dapat mengingkat dan jumlahnya dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Eman Zaruddin menegaskan kepada Seluruh FKPD yang hadir dan kepada Seluruh Kepala TPQ diacara Wisuda Santri TPQ, bahwa tidak perlu ragu lagi bagi instansi pemerintah jika dalam memberikan Bantuan ke lembaga baik dalam bentuk Operasional, RKB dan Rehab, karena Pemerintah sudah memberikan payung hukum yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan Pendidikan Keagamaan yang didalamnya mencakup TPQ/MDA/Ponpes dan Lembaga Majelis Taklim. Dan semua lembaga sudah diatur jenjang/level pendidikannya.

Dan dikuatkan lagi dengan PERDA Bupati Bintan No.6 Tahun 2010 Tentang Kewajiban Pandai Baca Tulis Al-Qur`an dan mendirikan Sholat bagi anak Usia Sekolah yang beragama Islam.

Pemerintah selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada guru-guru TPQ dengan memberikan pembinaan dan bantuan berupa honor baik dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi maupun Pemerinah Pusat.

KakanKemenag Bintan, mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah diselenggarakan dengan menggunakan anggaran swadaya dan ini bukan lah pungli. Semoga wisuda ini bukan wisuda yang terakhir buat anak-anak kita.

Lebih lagi tinggal hitungan hari kita bersama-sama akan menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M semoga santriwa/ti yg sudah diwisuda dapat memanfaatkan momen ini dengan rajindan sering membaca Al-Qur`an baik dirumah di Mushalla dan di Masjid-masjid terdekat.
Kepada orangtua santri jangan segan-segan untuk memasukkan anaknya ke TPQ dan MDA ini demi pengembangan pendidikan dibidang keagamaan bagi anak-anak kita kedepannya.

“Dan kepada orang tua murid untuk tidak pelit untuk berinvestasi ke TPQ, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dibidang agama bagi anak-anak kita”, tambah Erman.

Semoga dengan kegiatan ini dapat menjadikan anak kita anak yang Qurani anak-anak yang cinta pada Al-Quran. Dan semoga Kabupaten Bintan menjadi negeri yang THOYYIBATUN warabbun ghafur.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Gunung Kijang, Kasi PD-Pontren, Ka. KUA. Kec. Gunung Kijang, Ketua DWP. Kemenag Bintan, Penyuluh Agama Non.PNS, Staf PD-Pontren, Pengurus FKPQ. dan seluruh wali santriwan/ti. (Aa_daim)

93

Berita Terkait