Kamis 09 April 2020
Al-Khomis 15 Sya'ban 1441

Berita

Kemenag Batam Suling Di Masjid Baitud Dakwah

23-02-2020


* Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H. Zulkarnain Umar Foto bersama dengan jajaran Kemenag Batam dan jama'ah suling

(Kemenag Batam) --- Program Subuh Keliling Kantor Kementerian Agama Kota Batam terus berlanjut. Kali ini, suling di laksanakan di Masjid Baitud Dakwah Perum. Bida Asri 1, Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota, Ahad (23/2).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H. Zulkarnain Umar dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya subuh keliling ini untuk mengajak umat Islam terutama yang berada disekitar masjid agar memakmurkan masjid, mengisi masjid dengan sholat berjamaah, pengajian, serta mendengarkan langsung aspirasi dari jamaah atau masyarakat. "Insya Allah, kegiatan suling ini terus kita lanjutkan dan akan kita pertahankan karena program ini sangat bagus, ucapnya.

Banyak sekali keutamaan yang diraih melaksanakan shalat subuh secara berjamaah di masjid. Salah satu keutamaannya Rasulullah Muhammad SAW mendoakan umatnya yang bergegas dalam melaksanakan shalat subuh sebagaimana disebutkan dalam suatu hadis, ''Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.'' (HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Adapun keutamaan lainnya yakni, mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala, mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat, mendapatkan ganjaran shalat malam sepenuh waktunya, berada dalam jaminan AllahTa’ala, dibebaskan dari sifat orang munafik, jamaah shalat subuh dipersaksikan oleh malaikat, keselamatan dari siksa neraka, dan masih banyak keutamaan lainnya.

“Semoga kita yang meramaikan sholat subuh berjamaah Allah berikan ketenangan jiwa, Allah turunkan keberkahan."
Kepada pengurus masjid H.Zulkarnain Umar berpesan agar menyiapkan perpustakaan yang representatif supaya syi'ar masjid semakin hidup, masjid menjadi percontohan, dan kemakmuran masjid menjadi lebih baik dan bila perlu segera di buat kajian khusus kepada remaja masjid," jelasnya.

Lebih lanjut H.Zulkarnain Umar menjelaskan bahwa, kita semua memiliki tanggung jawab untuk menarik dan mengajak remaja-remaja umat Islam untuk datang ke masjid melaksanakan shalat secara berjamaah. Jangan di waktu mau berangkat ke sekolah saja orang tua sibuk membangunkan anaknya sedangkan di waktu subuh orang tua tidak membangunkan anak-anaknya untuk shalat berjamaah di masjid. Siapkan fasilitas, jadikan masjid ramah anak, ramah remaja, ciptakan daya tarik kepada anak-anak kita, kepada remaja-remaja kita untuk datang ke masjid dengan melaksanakan pengajian rutin dan bila perlu lakukan kerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI), begitu juga dengan Badan Narkotika Nasional untuk memberikan pemahaman atau pencerahan tentang bahaya narkoba.

"Lakukan pengajian rutin di masjid. Tidak perlu terlalu lama cukup dengan waktu 15 menit itu sudah cukup, tetapi hal ini rutin dilaksanakan," terangnya.
Terakhir sebelum menutup sambutannya H. Zulkarnain Umar kembali berpesan kepada pengurus masjid untuk selalu kompak dalam memakmurkan masjid, selalu kompak dalam pembangunan masjid, selalu kompak pengurus masjid dengan pengurus yayasan. Tidak boleh saling mencurigai bahkan saling menfitnah antara satu dengan lainnya.

"Mari kedepankan baik sangka kepada saudara kita, jangan karena tidak masuk dalam kepengurusan masjid sehingga tidak mau datang lagi ke masjid. Buka hati kita, buka pemikiran kita seluas-luasnya demi kebaikan bersama guna mewujudkan masjid yang ramah anak, masjid yang ramah lingkungan," imbuh H.Zulkarnain Umar.

Tampak hadir dalam kegiatan suling, Camat Kecamatan Batam Kota Aditya Guntur Nugraha, Kasi Bimas Islam H.Muhammad Dirham, Kepala KUA Kecamatan Bengkong Mulyadi, Kepala KUA Kecamatan Nongsa Masnur, Kepala. KUA Kecamatan Sekupang H. Zainal Arifin, Kepala KUA Kecamatan Sei Beduk Yendra Yepi, Kepala KUA Kecamatan Batam Kota H. Adamrin selaku tuan rumah, penyuluh PNS dan Non PAH, Pengawas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pimpinan Ormas Islam. (bad70/Yd).

80

Berita Terkait