Kamis 13 Mei 2021

Berita

Kegiatan Evaluasi SOP dan Pengukuran Kinerja Pegawai Kemenag Karimun

16-04-2021


* Kegiatan Evaluasi SOP dan Pengukuran Kinerja Pegawai Kemenag Karimun

Karimun (Inmas) - Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Karimun melakukan evaluasi atas SOP dan Sistem Pengukuran Kinerja Pegawai, Kamis 15 April 2021 di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun. Hadir dalam kegiatan tersebut Ka. Subbag Tata Usaha Tugiatno memberikan sambutan dan pengarahan dan dilanjutkan dengan penyampaian evaluasi oleh Analis Kepegawaian H. Sunarto Agung.

Dalam arahannya Ka. Subbag TU Tugiatno menyambut baik kegiatan evaluasi tersebut karena SOP harus dievaluasi jika ada perubahan regulasi atau situasi tertentu seperti perubahan SOP sebelum adanya pandemi Covid-19 dan saat suasana Pandemi Covid-19.

"Minimal dalam satu tahun kita harus melaksanakan evaluasi SOP dan merevisinya jika ada perubahan regulasi atau karena adanya situasi tertentu, seperti sekarang SOP pelayanan kita harus memasukkan kewajiban mematuhi protokol Kesehatan dalam SOP Pelayanan." Terang Tugiatno.

Sementara itu Analisis Kepegawaian H. Sunarto Agung dalam penjelasannya menyampaikan SOP yang harus disiapkan ada 2 jenis, yakni SOP tugas dan fungsi pegawai dan SOP Pelayanan Publik dan harus mengacu kepada Peta Proses Bisnis. Untuk pedoman penyusunan SOP diterangkan oleh H. Sunarto Agung secara jelas dan detil sesuai dengan ketentuan yang terbaru dan diminta semua pegawai sudah menyelesaikan perbaikan SOP pada senin mendatang.

Selanjutnya H. Sunarto Agung juga menyampaikan tentang penerapan Absensi Online, dimana saat ini masih masa transisi dimana masih menggunakan Absensi FingerPrint bersamaan Absensi Online. "Saya harapkan kepada semua pegawai mulai sekarang membiasakan Absensi masuk dan pulang secara online selain tetap menggunakan absensi fingerprint." Kata H. Sunarto Agung.

Terkait Laporan Kinerja Harian Pegawai, H. Sunarto Agung juga menjelaskan bahwa mulai bulan April 2021 semua pegawai mulai mengisi Laporan Kinerja Hariannya melalui aplikasi Online melalui https://ptspkarimun.kemenag.go.id/portal/pegawai/ yang dimulai dengan cara mengisi uraian tugas - dan uraian tugas harus sesuai dengan SKP, sehingga memberikan gambaran pada Laporan Kinerja Bulanan dan Penilaian Prestasi Kinerja Pegawai pada akhir tahun.

Dari pertemuan tersebut sejumlah usul dan saran dari pegawai terkait aplikasi Absensi Online dan Aplikasi Laporan Kinerja Pegawai disampaikan sebagai perbaikan yang akan ditindaklanjuti oleh Pranata Komputer Ester Juwita Rosari Siahaan, S.Kom.

 

65

Berita Terkait