Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

Kasubbag Inmas Kemenag Kepri Konsolidasi Kehumasan Di Kemenag Karimun

28-05-2019


* Kasubbag Inmas Kemenag Kepri Konsolidasi Kehumasan Di Kemenag Karimun

Karimun (Inmas)_Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Kepri, Syahbudi, S. Kom melakukan sosialisasi dan konsolidasi kehumasan di Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Selasa (28/5/2019). Kegiatan dilaksanakan di Aula Kemenag Karimun Jalan Poros Karimun. Hadir dalam kesempatan tersebut para pelaksana humas Kanwil Kemenag Kepri, pelaksana humas Kemenag Karimun, perwakilan seksi dan sejumlah tenaga honorer.

Dalam arahannya Syahbudi mengatakan peran humas adalah sebagai ujung tombak dalam penyebarluasan informasi. “Setiap ASN Kemenag adalah humas,” kata Syahbudi.

Syahbudi menyebutkan humas pemerintah mempunyai tugas melakukan fungsi manajemen dalam bidang informasi dan komunikasi yang persuasif, efektif, dan efisien untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan publiknya melalui berbagai sarana kehumasan dalam rangka menciptakan citra dan reputasi yang positif di instansi pemerintah.

“Arah pembangunan pemerintah ke depan bukan infrastruktur lagi namun akan membenahi sumber daya manusia. Untuk itu ASN akan dituntut untuk berkinerja. Sementara itu untuk mengawasi aktivitas ASN di media sosial akan dibentuk tim cyber yang akan memantau dan membatasi ASN dalam sirkulasi hoax,” kata Syahbudi lagi.

“Namun kita memang mengalami beberapa kendala seperti terbatasnya jumlah SDM humas dan masih adanya ego sektoral di masing-masing bidang/ seksi dalam berbagi informasi dan data,” ujar Syahbudi.

Terkait dengan visi humas pemerintah adalah terciptanya pengelolaan kehumasan, kelembagaan, ketatalaksanaan dan SDM yang professional, proporsional, efektif, dan efisien dalam mendukung pemerintahan yang baik.

“Jadi tugas humas pemerintah adalah meningkatkan koordinasi dan penyebarluasan informasi tentang kebijakan pemerintah, melaksanakan komunikasi timbal balik antara instansi pemerintah dan publik demi memperoleh manfaat bersama, membangun citra dan reputasi positif dan meningkatkan kelancaran arus informasi dan aksesibilitas publik,” tambah Syahbudi.

Syahbudi juga menyinggung soal pembangunan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sedang digalakkan di Kemenag. Menurutnya tahun 2020 semua Kemenag Kabupaten/Kota se Kepri sudah memiliki PTSP. “Sampai saat ini yang sudah memiliki PTSP adalah Kemenag Batam dan Bintan, sisanya pada tahun 2020 saya harapkan sudah lengkap, karena PTSP Kemenag jadi ujung tombak layanan masyarakat,” ucapnya.

Terakhir, Syahbudi mengatakan saat ini sudah terjadi pergeseran dalam arus informasi. Menurutnya Koran sudah ditinggalkan masyarakat dan beralih ke media sosial. “Saya ingatkan, hati-hati gunakan media sosial. Ke depan setiap rekruitmen CPNS akan memperhatikan aktivitas media sosial melalui akun masing-masing, karena bagaimana pun jejak digital tidak akan bisa dihapus,” pungkasnya. (hatiman)

71

Berita Terkait