Senin 24 Februari 2020
Al-Itsnain 29 Jumadil Akhir 1441

Berita

Kasubbag Humas dan Informasi Lakukan Koordinasi Kehumasan dengan Jajaran Kemenag Bintan

24-01-2020


* Kasubbag Humas dan Informasi Lakukan Koordinasi Kehumasan dengan Jajaran Kemenag Bintan

(Kemenag Bintan) – Jumat (24/01/2020), Kasubbag Humas dan Informasi Kanwil Kemenag Kepri; Syahbudi, S.Kom bersama Kabag Tata Usaha; H. Abu Sufyan, S.Ag, M.Pd bertandang ke Kantor Kemenag Bintan untuk melakukan koordinasi diseminasi informasi dan kehumasan. Kegiatan yang bertempat di Gedung Aula Kemenag Bintan tersebut dibuka oleh Kasi Pendidikan Agama Islam; Drs. H. Suryono, dan dihadiri oleh jajaran staf Kemenag Bintan.

Mengawali kegiatan, Kabag TU, Abu Sufyan mengatakan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan kehumasan yang sudah berjalan di Kantor Kemenag Bintan karena telah mensupport pemberitaan di situs @kepri.kemenag.go.id. Ia juga mengatakan bahwa fungsi humas tidak hanya menjadi tanggungjawab Pranata Humas, namun juga menjadi tanggungjawab semua pegawai Kemenag.

“Produktivitas pemberitaan tergantung semua jajaran di dalam sebuah lembaga. Fungsi kehumasan dapat dijalankan oleh semua pegawai melalui grup whatsaap dan media sosial pribadinya masing-masing.” Ucapnya.

“Kegiatan kehumasan memang secara tupoksi adalah tugas Pranata Humas, namun karena SDM kita kurang, jadi semua pihak diharapkan dapat membantu.” Tambahnya.

Abu juga menceritakan pada saat sebelum menjabat sebagai Kabag TU, ia merasa fungsi kehumasan tidak begitu penting karena menganggap pemberitaan adalah riya. Kemudian ia memahami pentingnya liputan pemberitaan karena kinerja yang dilakukan bisa diukur tidak hanya dengan laporan, namun juga didukung dengan pemberitaan. Pada saat itu, Abu menyebutkan bahwa kegiatan keagamaan di level Kecamatan seperti kegiatan tupoksi KUA dan Madrasah perlu dinaikkan, mengingat KUA dan Madrasah adalah dua institusi yang secara langsung  berurusan dengan masyarakat.

Selanjutnya, Syahbudi, dalam pengarahannya mengatakan bahwa diseminasi informasi saat ini dibalut dengan kemasan kekinian agar menarik. Menurutnya, media cetak saat ini fungsinya sudah berkurang karena kurang diminati oleh masyarakat jika dibandingkan dengan media online. Sehingga fungsi kehumasan melalui media sosial perlu digencarkan.

“Saat ini generasi terbagi dalam 3 kelompok yaitu, kolonial, milenial, dan centennial. Kaum milenial dan centennial saat ini meninggalkan media konvensional, maka dari itu kemasan berita dalam bentuk siaran langsung/vlog lebih diminati daripada tulisan.” Paparnya.

“Kedepannya, Pranata Humas diharapkan dapat membuat berita dalam bentuk infografis dan fotografis. Untuk itu, di dalam laptop Pranata Humas harus sudah ada aplikasi photoshop dan CorelDraw.” Ucap Syahbudi.
Syahbudi juga berpesan agar pergerakan Pranata Humas ini jangan dihambat oleh ego sektoral masing-masing Seksi. Mengenai hal ini, ia menyebutkan bahwa kegiatan di setiap Seksi dapat diliput dengan baik jika Pranata Humas diterima dan dilibatkan dalam setiap kegiatannya. Di akhir kegiatan Koordinasi, Syahbudi mengingatkan kepada Pranata Humas dan Pejabat Kemenag Bintan untuk menjaga hubungan yang baik dengan media elektronik dan media cetak lokal agar kegiatan yang dilaksanakan Kemenag Bintan dapat diberitakan dengan lancar oleh media eksternal tersebut. (amilia)
 

102

Berita Terkait