Selasa 19 Oktober 2021

Berita

Kasi Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Kepri Beri Pendampingan SIWAK di KUA Kec. Teluk Sebong

15-09-2021


* Kasi Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Kepri Beri Pendampingan SIWAK di KUA Kec. Teluk Sebong

(Kemenag Bintan) – Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Teluk Sebong, Fadhil Muslimin, menerima kunjungan jajaran Seksi Pemberdayaan Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Kepri yang dikepalai oleh Hj. Halimah. Kunjungan tersebut guna memberikan pendampingan administrasi SIWAK (Sistem Informasi Wakaf).

Pada saat itu Halimah menginformasikan, ada program tahap ke- 2 percepatan sertifikasi tanah wakaf melalui program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) kerja sama Kementerian Agama dengan Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/BPN 2. Program ini dibuka kembali karena tingginya antusiasme nazir yang merespons program tahap pertama pada Agustus lalu.

“Tahap kedua ini semua KUA dapat mengusulkan dan melengkapi berkas form sertifikasi tanah wakaf yang telah dikirim. Pendaftaran dilakukan secara kolektif. Kita berharap KUA aktif merespon ini,” kata Halimah, Selasa, (14/9/21).

Halimah  meminta agar program ini dapat dimanfaatkan oleh nazir melalui KUA dengan membuat permohonan sertifikasi wakaf dan kemudian diusulkan ke Kemenag. Ia menambahkan, dibutuhkan peran nazir dalam mengelola dan mempertahankan tanah wakaf ini supaya memiliki legalitas sertifikat untuk melindungi aset wakaf.

Dengan dibantu oleh staf, Gita Artika dan Indra Juliardi, Halimah memberikan pendampingan pendataan tanah wakaf, wakif, nazir, luas lahan, dan peruntukan tanah wakaf di Kecamatan Teluk Sebong. Selain itu, mereka juga memberikan pendampingan penginputan dokumen dan koordinat lokasi tanah wakaf melalui aplikasi SIWAK. Tanah wakaf yang didata adalah yang telah bersertifikat atau memiliki AIW (Akta Ikrar Wakaf).

Menanggapi kunjungan tersebut, Kepala KUA Kecamatan Teluk Sebong, Fadhil, mengungkapkan rasa terima kasih karena pegawainya telah mendapatkan pendampingan SIWAK. Ia berharap kedepannya semua tanah wakaf di Kecamatan Teluk Sebong terdata dalam SIWAK. 

“Saya akan berkoordinasi pada Kades/Lurah, pengurus Masjid/Musala, pengelola pemakaman, dan lembaga pendidikan untuk mengusulkan pensertifikatan wakaf, termasuk kepada wakif dan nazir,” ujarnya. (fadhil/amilia)

 

78

Berita Terkait