Selasa 07 Desember 2021

Berita

Kasi PHU Jelaskan Informasi Haji Dan Umrah Di Masjid Besar Baiturrahim Tarempa

14-10-2021


* Kasi PHU Jelaskan Informasi Haji Dan Umrah Di Masjid Besar Baiturrahim Tarempa

Kemenag Anambas (Humas)- Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Muslimin Can,S.Pd.I menyampaikan informasi tentang Haji dan Umrah yang diselaraskan dengan Pengajian Bulanan Jamaah Masjid Besar Baiturrahim Tarempa yang diisi oleh Ustadz Rudi Hartono,S.Ud (Penyuluh Agama Islam Kec. Siantan). (13/10/2021)

Diawal Muslimin Can menjelaskan bahwa alur dari Prosedur Pendaftaran Haji Reguler dimulai dari Pendaftaran Jemaah Haji dilakukan setiap hari kerja sepanjang tahun dengan mulai usia minimal 12 Tahun (PMA Nomor 13 Tahun 2021), Pendaftaran Jemaah Haji dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kab/Kota domisili Jamaah Haji sesuai KTP dan Pendaftaran haji sebagaimana point (1) dan (2) wajib dilakukan sendiri oleh yang bersangkutan untuk pengambilan Foto Dan Sidik Jari.

Sedangkan pada Pelimpahan Porsi Jemaah Haji Wafat dan Sakit Permanen dapat dilakukan sesuai dengan Keputusan Dirjen PHU Nomor 130 Tahun 2020 Petunjuk pelimpahan porsi jamaah haji wafat dan sakit permanen. Pelimpahan nomor porsi jamaah wafat dan sakit permanen dapat diberlakukan bagi jamaah haji yang telah terdaftar pada Kementerian Agama.

Jemaah pengganti diberangkatkan pada musim haji tahun berjalan atau tahun berikutnya. Jamaah membuat permohonan tertulis kepada Kementerian Agama dengan melampirkan persyaratn sesuai dengan  petunjuk. Prosedur pelunasan Jemaah haji pelimpahan nomor porsi seperti pelunasan Jemaah haji regular.

Pelimpahan nomor porsi jemaah haji reguler dapat diberlakukan bagi jemaah haji yang telah ditetapkan dan dipublikasikan sebagai jemaah haji reguler yang berhak melunasi BPIH tahun berjalan dan meninggal dunia sebelum keberangkatan,nomor porsinya dapat dilimpahkah kepada  : Istri / Suami / Anak kandung / Saudar kandung.

Diakhir penjelasan Muslimin Can mengajak kepada seluruh jamaah untuk bersemangat dalam menabung dan dalam mengokohkan niat untuk melakukan pendaftaran haji dalam menunaikan rukun iman yang terakhir,dan bagi para jamaah yang masih merasa kebingungan dalam proses pendaftaran haji dapat menghubungi secara langsung atau datang di PLHUT yang berlokasi di Rintis.

65

Berita Terkait