Kamis 26 November 2020

Berita

Kasi Bimas Islam Laksanakan Meeting Virtual Terkait Peningkatan Kualitas Layanan KUA

12-10-2020


* Kasi Bimas Islam Laksanakan Meeting Virtual Terkait Peningkatan Kualitas Layanan KUA

Kemenag Anambas (Humas)- berdasarkan surat dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau No : B-2391/Kw.32.5/2/KP.06/10/2020 tentang kegiatan Focus Discussion (FGD) Peningkatan Kualitas Urusan Agama (KUA) se Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Ikwan, S.Ag bersama Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Palmatak, Kecamatan Siantan dan Kecamatan Jemaja melaksanakan meeting secara virtual dimulai pukul 07.30 Senin 12 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut di hadiri setiap Kasi Bimas Islam dan Kepala Kantor Urusan Agama se Provinsi Kepulauan Riau meliputi Kankemenag Kota Tanjung Pinang Kasi 1 orang KaKUA 4 orang, Kankemenag Kabupaten Bintan Kasi 1 orang dan KaKUa 10 orang, Kankemenag Kota Batam Kasi 1 orang dan KaKUA 12, Kankemenag Kabupaten Karimun Kasi 1 orang dan KaKUA 12, Kankemenag Kabupaten Lingga Kasi 1 orang dan KaKUA 4, Kankemenag Kab. Kepulauan Natuna Kasi 1 orang dan KaKUA 9 orang dan Kankemenag Kab. Kepulauan Anambas Kasi 1 orang dan KaKUA 3 orang.

 Narasumber dalam pertemuan ini kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I dan Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Drs. H. Edi Batara.

Adapun yang dibahas oleh Kakanwil mengenai kualitas pelayanan KUA yang harus terus ditingkatkan, juga peningkatan terhadap pemahaman agama di masyarakat demi terwujudnya kerukunan umat beragam, hidupnya sikap solidaritas dan kerja sama, hingga melakukan pengembangan potensi keagamaan, zakat, pemberdayaan UPZ dan harus bekerja sama dengan Baznas. 

Selanjutnya Edi Batara juga memberikan penjelasan terkait peningkatan mutu kualitas pelayanan KUA dengan memberikan pelayanan pernikahan yang efektif dan efesien, dengan kelengkapan administrasi yang baik dan juga setiap Kepala KUA juga melaporkan kondisi Kantor apabila mengalami kerusakan hingga bisa di tindaklanjuti. Sampainya.

Dalam pertemuan virtual ini diskusi yang dilakukan antara Kepala KUA se Provinsi Kepulauan Riau tentangf menitik beratkan terhadap pencatatan pernikahan sebagai mana tercantum dalam PMA No : 20/2019 tentang percatatan nikah.

Duplikasi buku nikah dan pernikahan sirri juga di bahas karna telah terjadi di beberapa tempat Kabupaten/Kota. Juga pendaftaran nikah  melalui simkah web yang harus dilaksanakan oleh Kepala KUA secara tertib. 

(zet)

59

Berita Terkait