Jumat 06 Agustus 2021

Berita

Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Pelatihan Digitalisasi Arsip

14-06-2021


* Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Pelatihan Digitalisasi Arsip

Tanjungpinang (Humas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Digitalisasi Arsip di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri, di Gedung Aula, Senin (14/06/2021). Hadir Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan, H. Achmad Nidjam, S.IP, M.M, Ketua Panitia Nursanti, M.Pd serta para pejabat Eselon III dan IV dengan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan pelatihan bagi ASN serta wujud kesiapan organisasi dalam menghadapi tuntutan perkembangan era Revolusi industri 4.0. Oleh karena itu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menjalin kerjasama dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi.

Dalam sambutannya H. Achmad Nidjam mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu upaya dalam mencapai 7 Program Prioritas Kemenag yaitu transformasi digital sekaligus pemerataan akses yang lebih luas bagi para ASN. Ia memaparkan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan Pelatihan Digitalisasi Arsip ialah mendapat skill dan knowledge tentang digitalisasi arsip serta memperoleh pengembangan kompetensi.

“Mudah-mudahan pelatihan ini bisa meningkatkan indeks kinerja ASN dan sebagai peluang untuk menambah wawasan demi kemajuan bangsa,” pungkasnya.

Memulai sambutannya, Kakanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto mengatakan sebagai ASN Kementerian Agama, di samping terampil dalam penguasaan substansi tugas dan fungsinya, segenap ASN dituntut menguasai dunia digital.

Kakanwil mengatakan dalam praktik pengelolaan arsip berbasis kertas, banyak permasalahan yang dihadapi. Oleh karenanya data-data yang dapat diolah dalam bentuk digital berupa gambar, suara, video, tulisan atau data lainnya dapat diolah dalam program komputer dan disimpan dalam penyimpanan data digital seperti hard disk dan google drive.

Selanjutnya Kakanwil meminta semua unit kerja mendukung rencana pembuatan satu pusat data Kementerian Agama yang terintegrasi, terhubung dan dapat digunakan demi peningkatan dan percepatan pelayanan dan tata kelola baik secara internal maupun eksternal.

“Semoga hasil pelaksanaan pelatihan digitalisasi arsip ini dapat memberikan inovasi perubahan, pembenahan, dan penataan kearsipan secara digital di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri,” pungkasnya.

Pelatihan Digitalisasi Arsip ini diselenggarakan pada tanggal 14-18 Juni 2021 yang diikuti oleh para pemangku Jabatan Fungsional Arsiparis, Pranata Komputer, Penghulu/Ka. KUA, Kepala TU pada Madrasah dan jabatan pelaksana di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, yang berjumlah 32 peserta.
 

52

Berita Terkait