Rabu 24 Juli 2019
Al-Arbi'aa 21 Dzulka'dah 1440

Berita

Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan CAT Calon Petugas Haji Kloter Dan Non Kloter

05-03-2019


* Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan CAT Calon Petugas Haji Kloter Dan Non Kloter

Tanjungpinang (Inmas)- Kanwil Kemenag Kepri menyelenggarakan kegiatan rekrutmen calon petugas haji TPHI, TPIHI dan PPIH Arab Saudi melalui mekanisme Computer Asisted Test (CAT) di aula Kanwil Kemenag Kepri Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang, Selasa (5/3). Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Tata Usaha H. Abu Sufyan, Kabid PHU Kanwil Kemenag Kepri H. Afrizal, perwakilan Dirjen PHU Kemenag RI, perwakilan Inspektorat Jenderal Kemenag RI, para Pembimas, pejabat eselon IV dan peserta test.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, H. Yusuf Hadamean menyebutkan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk memperoleh calon petugas yang memiliki kompetensi, sesuai bidang tugasnya, memiliki keterampilan, sikap dan perilaku sesuai tugas, fungsi secara professional agar dapat melayani jamaah sejak di embarkasi, di pesawat, pelaksanaan di Arab Saudi sampai kembali di Tanah Air secara efektif dan efisien.

“Pelaksanaan test disamping diawasi oleh Tim dari Kanwil Kemenag Kepri juga diawasi oleh Tim Dirjen PHU Kemenag RI, Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI, dan Tim Supervisi Komisi Pengawas Haji Indonesia,” kata Yusuf Hadamean.

Yusuf Hadamean lebih lanjut menjelaskan formasi petugas yang akan direkrut antara lain Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) sebanyak 3 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) sebanyak 3 orang, Pelayanan Ibadah PPIH Arab Saudi 1 orang, Pelayanan Konsumsi PPIH Arab Saudi 2 orang, Pelayanan Akomodasi PPIH Arab Saudi 1 orang dan Pelayanan Transportasi PPIH Arab Saudi 1 orang.

“Peserta tes seluruhnya berjumlah 22 orang atau dua kali lipat dari formasi yang dibutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Kepri yang diwakili Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri, H. Abu Sufyan mengatakan rangkaian rekrutmen petugas ini memiliki nilai yang penting, karena merupakan bagian dari proses penyelenggaraan ibadah haji, dimana semua aspek unit manajemen harus berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

“Sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) bahwa pemberangkatan Jemaah haji kloter pertama mulai tanggal 7 Juli 2019, dan kloter terakhir tanggal 5 Agustus 2019. Wukuf di Arafah tanggal 10 Agustus 2019. Awal pemulangan jamaah haji tanggal 17 September 2019 dan akhir pemulangan tanggal 15 September 2019. Jadi semuanya harus sudah disiapkan,” ucap Abu Sufyan.

“Bagi peserta yang belum berhasil, saya minta tidak berkecil hati karena masih berkesempatan untuk ikut test lagi pada tahun berikutnya, bagi peserta yang lulus seleksi saya minta segera mempersiapkan diri karena proses selanjutnya sudah menunggu yang akan menentukan keputusan akhir dalam penetapan petugas haji tahun 1440 H/ 2019 M,” ujarnya.

Abu Sufyan juga mengatakan seluruh calon peserta mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan. “Untuk itu semua pihak yang terkait bersikap sportif, konsekwen, dan konsisten serta lebih mengutamakan profesionalitas,” pintanya.

“Perlu diketahui bahwa tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan seleksi dengan pola CAT yang merupakan inovasi dari pelaksanaan seleksi,” pungkasnya. (hatiman)

100

Berita Terkait