Senin 19 April 2021

Berita

Kanwil Kemenag Kepri Ikuti Penutupan Rakernas 2021

07-04-2021


* Kanwil Kemenag Kepri Ikuti Penutupan Rakernas 2021

Tanjungpinang (Humas) - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 yang digelar oleh Kementerian Agama RI mulai tanggal 5-7 April 2021 telah selesai dilaksanakan. Kakanwil Kemenag Kepri Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I beserta jajaran Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau ikut serta dalam Penutupan Rakernas secara daring di Aula Kanwil Kemenag Kepri, Rabu, 7 April 2021.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi meminta seluruh jajaran Kemenag untuk segera menindaklanjuti dan melaksanakan hasil Rakernas Kemenag 2021.

"Alhamdulillah kita telah selesai melaksanakan Rakernas yang pertama kali  dilakukan secara hybrid. Saya minta seluruh jajaran Kemenag segera menindaklanjuti hasil Rakernas. Perkuat moderasi beragama, dan percepat transformasi layanan publik," pesan Wamenag saat menutup Rakernas, di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Ia menyampaikan amanat Menag bahwa seluruh jajaran harus mendukung program penguatan Moderasi Beragama dan percepatan transformasi layanan publik melalui tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan di lingkungan Kementerian Agama.

“Sebagai ASN Kementerian Agama, kita harus menjadi panutan, teladan dan  uswah hasanah dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama,” pesannya.

Terkait percepatan transformasi layanan publik, Wamenag menggarisbawahi pentingnya ASN untuk memahami kebutuhan, harapan, dan tuntutan masyarakat. Percepatan transformasi layanan publik juga menuntut adanya penyederhanaan organisasi seiring perkembangan teknologi informasi.

“Tata kelola organisasi yang terlalu kompleks hanya akan menghambat langkah kita sebagai pelayan publik. Penyederhanaan organisasi berada dalam konteks kebutuhan negara untuk menetapkan seluruh proses penting yang benar-benar dibutuhkan atau diwajibkan, dalam upaya melayani masyarakat sesegera mungkin, atau minimal dengan waktu yang terukur,” jelasnya.

Rakernas dengan tema “Percepatan Transformasi Layanan Publik” ini diikuti oleh 715 peserta diantaranya Pejabat Eselon I, II, Staf ahli, Kepala Kanwil, para Rektor, Kepala Balai, Kepala Kemenag seluruh Indonesia. Rakernas telah menyepakati arah kebijakan dan program prioritas Kementerian Agama. Ada tiga arah kebijakan Kementerian Agama tahun 2021, yaitu: moderasi beragama, transformasi digital, dan good governance.
 

38

Berita Terkait