Kamis 13 Mei 2021

Berita

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Temu Tokoh Lintas Agama Se Kabupaten Kepulauan Anambas

10-04-2021


* Kanwil Kemenag Kepri Gelar Temu Tokoh Lintas Agama Se Kabupaten Kepulauan Anambas

Anambas (Humas)-Demi mempererat tali silaturahmi antar tokoh beragama, Kementerian Agama (Kemenag) Anambas bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Kepri lakukan temu tokoh lintas agama, pada Sabtu (10/04) di Kantor Kementerian Agama Anambas.

Kakanwil Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I tampak didampingi Kakankemenag Anambas Dr. H. Erizal, MH.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kabag Tata Usaha H. Abu Sufyan, Kabid Pakis Drs. H. Muhammad Syafi'i, Kabid Bimas Islam Drs. H. Edi Batara, Kabid PHU Drs. H. Afrizal, Kakankemenag Batam Dr. H. Zulkarnain,.MH, Kakankemenag Karimun Drs. H. Jamzuri dan tokoh lintas agama Se Kabupaten Anambas.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Mahbub Daryanto dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu cara menjaga silaturahmi serta mempererat hubungan antara seluruh tokoh agama yang ada di Anambas.

"Dikesempatan ini kita melaksanakan kegiatan yang mana dapat menjaga silaturahmi dan juga mempererat hubungan antara seluruh tokoh agama yang ada di Anambas, supaya bisa menyampaikan ke masyarakat pesan damai membangun toleransi melalui moderasi beragama menuju Indonesia yang rukun," ucap Mahbub.

Dirinya juga menuturkan saat ini masih terjadi dibeberapa daerah di Indonesia perdebatan antar umat beragama, namun Ia mengapresiasi Anambas karena kondisi hubungan antar umat beragama masih kondusif.

"Di daerah lain masih sering terjadi hubungan yang kurang baik antar tokoh agama, tapi Alhamdulillah di Anambas cukup kondusif hubungan antar umat beragama, Indonesia kan memiliki agama yang berbeda-beda, kita harus menyatu karena perbedaan, bukan persamaan," tutur Mahbub.

Dikesempatan yang sama, Mahbub juga menyampaikan pesan Presiden kepada Menteri Agama, salah satunya terkait kerukunan antar umat beragama.

"Kerukunan antar umat beragama harus terus kita jaga, karena kita saling membutuhkan pastinya, salah satu contoh pembangunan rumah ibadah, jika ada pembangunan, maka secara tidak langsung ada pekerja yang beragama muslim mendapat lapangan pekerjaan, dan disatu sisi umat non muslim yang tempat ibadahnya dibangun juga nanti ketika sudah selesai bisa beribadah dengan tenang", ujarnya.

Dirinya berharap agar kerukunan serta situasi kondusif antar umat beragama seperti di Kabupaten Kepulauan Anambas bisa terus terjaga serta bisa ditiru di daerah lain.

Di akhir kegiatan, Kanwil Kemenag Provinsi Kepri bersama Kemenag Anambas memberikan bantuan kepada Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), FKUB dan DWP Kemenag Anambas. (humpro-usm)

65

Berita Terkait