Minggu 19 September 2021

Berita

Kanwil Kemenag Kepri Gelar FGD Validasi Sinkronisasi Data dan AKP

15-09-2021


* Kanwil Kemenag Kepri Gelar FGD Validasi Sinkronisasi Data dan AKP

Tanjungpinang (Humas) – Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau bersama dengan  Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Validasi Hasil Sinkronisasi Data dan Analisis Kebutuhan Pelatihan, di Aula Kanwil Kemenag Kepri dalam rangka peningkatan kompetensi ASN Kementerian Agama, Rabu (15/09/2021).

Mewakili Kakanwil, Kabag TU Kanwil Kemenag Kepri, H. Abu Sufyan, S.Ag mengatakan FGD yang dilakukan bersama dengan Pusdiklat Kemenag RI ini merupakan kegiatan diskusi guna  melihat berbagai kebutuhan para pegawai  dalam rangka meningkatkan kompetensi para pegawai khususnya di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri.

Abu Sufyan menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus mengapresiasi kegiatan FGD analis kebutuhan diklat tersebut. Menurutnya, kegiatan FGD perlu dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pelatihan guna menjaring informasi tentang kebutuhan program Diklat terhadap ASN Kanwil Kemenag Kepri sesuai dengan kebutuhan secara objektif.

“Mudah-mudahan kunjungan ini bisa mensinkronkan keinginan dan program kita baik guru, pengawas, dan penghulu. Karena menurut saya kita sebagai ASN harus bisa mengembangkan karir dan kompetensi kita,” kata Abu Sufyan.

Sementara itu Kepala pada Bagian Umum dan Perpustakaan Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Hj Puji Kusbandari, S.Pd. M.M,  menjelaskan bahwa FGD dilakukan untuk menampung aspirasi, sekaligus menggali potensi terkait jenis dan konten pelatihan yang bisa dilakukan. 

Dalam paparannya, Ia mengatakan tujuan dari analisis kebutuhan pelatihan (AKP) ini ialah untuk mengetahui jenis jabatan yang sangat membutuhkan pelatihan, mengetahui jenis pelatihan yang paling dibutuhkan, mengetahui kompetensi yang dibutuhkan peserta pelatihan, dan mengetahui proses pembelajaran yang dapat mendukung tercapainya tujuan pelatihan.

Ia berharap dengan kegiatan ini, Kemenag mendapatkan masukan dan solusi dalam memberikan berbagai jenis pelatihan yang sangat dibutuhkan seluruh aparatur terutama  di Kanwil Kemenag Kepri.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasubbag Kepegawaian dan Hukum, Pembimas Katolik dan para Pengelola Data, serta para pengurus Organisasi Profesi Kanwil Kemenag Kepri yang berjumlah 22 orang.
 

37

Berita Terkait