Kamis 13 Mei 2021

Berita

Kanwil Kemenag Kepri dan Polda Provinsi Kepulauan Riau Gelar Acara Temu Tokoh Lintas Agama

08-04-2021


* Kanwil Kemenag Kepri dan Polda Provinsi Kepulauan Riau Gelar Acara Temu Tokoh Lintas Agama

Tanjungpinang (Humas) – Kanwil Kementerian Agama Kepri bersama Polda Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan acara Temu Tokoh Lintas Agama Provinsi Kepulauan Riau di Auditorium Balairung Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Kamis, 08 April 2021.

Hadir Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I; Sekda Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si mewakili Gubernur Provinsi Kepulauan Riau; Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Musa Tampubolon S.H, S.I.K, M.Si mewakili Kapolda Provinsi Kepulauan Riau; Ketua MUI Kepri, Ketua Walubi Tanjungpinang, Kepikevan Kepri, Ketua PHDI Kepri, Ketua FKUB, Ketua PGIW, Ketua PHDI, Ketua Permabudhi, Ketua Matakin, Ketua LAM Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh tamu undangan.

Kegiatan ini mengangkat tema Silaturahim Antar Umat Beragama Pasca Pilkada Serentak Tahun 2020 serta Sosialisasi Program Pemerintah untuk Mendukung Terciptanya Situasi KAMTIBMAS Provinsi Kepulauan Riau yang kondusif. Forum ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang situasi masyarakat yaitu situasi yang bebas dari kericuhan, aman, damai, tentram, dan tertib serta mempererat tali persaudaraan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Kakanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto dalam arahannya mengatakan berbagai ancaman akibat pandemi Covid-19 dapat muncul kapan saja. Tak jarang ancaman tersebut mengganggu ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga tak menutup kemungkinan hal ini dapat mengancam kesatuan dan persatuan serta merenggangkan solidaritas persaudaraan.

Lebih lanjut Kakanwil berpesan untuk mewujudkan KAMTIBMAS yang kondusif maka diperlukan dukungan dan aksi nyata dari berbagai pihak. Mulai dari aparat penegak hukum, kementerian, pemerintah daerah, hingga tokoh agama dan tokoh adat.

“Demi terwujudnya kerukunan intra dan antar umat beragama yang rukun dan harmonis, melalui forum ini kita berharap solidaritas tetap terjaga dengan erat di seluruh lintas agama”, ujar Kakanwil.

Sementara itu, Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Musa Tampubolon dalam sambutannya mengatakan silaturahim ini diharapkan dapat mempererat persaudaraan sesama umat beragama ketika maraknya perbedaan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Mengingat saat ini media sosial sangat digemari masyarakat terutama remaja, Ia menghimbau agar selalu berhati-hati menggunakan media sosial sehingga terhindar dari doktrin-doktrin yang membahayakan. Ia pun berpesan agar seluruh pihak turut bekerjasama dalam menangkal paham radikalisme guna mencegah hadirnya terorisme untuk mendukung terciptanya situasi KAMTIBMAS yang kondusif.

Sebagai narasumber, Sekda Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si menyampaikan materi mengenai pencegahan Covid-19. Ia mengatakan semua pihak bahu membahu dalam mewujudkan kesadaran bersama dalam rangka mencegah dan mengendalikan penularan COVID-19 di Daerah dengan melibatkan peran aktif masyarakat. 
Selain itu memberikan kepastian hukum pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 bagi aparatur pemerintah daerah, pemerintah kabupaten/kota, penanggungjawab kegiatan/usaha dan masyarakat. Mulai dari penyemprotan disinfektan secara rutin, penyediaan tempat cuci tangan dan sabun, serta lakukan ukur suhu dan sediakan handsanitizer.

"Mari bersama kita biasakan perilaku hidup bersih, sehat dan produktif dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mulai dari lingkungan keluarga, kantor dan bermasyarakat," ujar Sekda.
 

75

Berita Terkait