Selasa 18 Desember 2018
Ats-tsulatsa 9 Rabiul Akhir 1440

Berita

Kantor Urusan Agama di Kabupaten Lingga sudah menggunakan Aplikasi SIMKAH Berbasis Web

04-12-2018


* Kepala KUA dan Operator sedang mendapatkan Pelatihan dari Tim Simkah Web Kanwil Kemenag Kepri

Tim Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Kepri berkunjung ke Lingga dalam rangka sosialisasi Implementasi SIMKAH Web. Tim Kanwil yang beranggotakan 2 (dua) orang, yaitu Ahmad Masruch Nasucha dan Sasmita. Pelaksanaan Sosialisasi disejalankan dengan pelantikan dan pengukuhan Penghulu se-Kabupaten Lingga. Jadi semua Penghulu dan operator di Kantor KUA mengikuti kegiatan sosialisasi.

Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) berbasis Web merupakan jawaban terhadap perubahan dan perkembangan teknologi di era digital. Arus perubahan teknologi mampu memberikan kemudahan layanan bidang kepenghuluan. “Pemanfaatan teknologi SIMKAH berbasis web ini tentunya akan makin mempermudah kerja teman-teman di Kantor KUA dalam memberikan pelayanan. Tinggal kitanya saja lagi belajar untuk dapat mengoperasikan dengan baik dan lancar. Semuanya bisa asal mau belajar dan tidak malu bertanya,”ungkap Edi Batara, usai membuka acara Sosialisasi SIMKAH Berbasis Web di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lingga, Selasa(4/12) tadi pagi.

Kata Zamroni Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Lingga, sekarang sudah mempermudah kerja Penghulu/KUA. “Nanti kalau ada yang mau daftar  nikah, operator tinggal input Nomor Induk Kependudukan (NIK) nanti akan ketahuan secara langsung daftar riwayat si calon pengantin. Ketahuan kalau dia ngaku bujangan padahal sudah menikah. Jadi, gak bisa bohong si catin,”ungkap Zamroni.

Menurut Ahmad Masruch Nasucha Aplikasi SIMKAH berbasis web sebenarnya sangat mudah. Graphical User Interface (GUI) betul-betul user friendly . “Hanya kita perlu teliti saja dalam input  datanya. Kalau masih ragu ikut panduan yang sudah diberikan. Teknologi itu sebenarnya adalah untuk mempermudah kerja kita,”ungkap Ahmad Masruch Nasucha. (zaid)
 

63

Berita Terkait