Kamis 26 November 2020

Berita

Kantor Kemenag Bintan Gelar Rapat Dinas Bahas Realisasi Kegiatan dan Anggaran Triwulan 3 Tahun 2020

19-10-2020


* Kantor Kemenag Bintan Gelar Rapat Dinas Bahas Realisasi Kegiatan dan Anggaran Triwulan 3 Tahun 2020

(Kemenag Bintan) – Senin (19/10/2020), jajaran pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan mengikuti rapat dinas yang digelar di Gedung Aula. Rapat dipimpin oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. dan dipandu oleh Kasubbag TU: H. Syahjohan, S.Ag.,M.Si.

Hadir dalam rapat dinas ini, seluruh Kepala Seksi (Kasi) Kantor Kemenag Bintan, Kepala KUA Kecamatan se- Kabupaten Bintan, Kepala MIN, MTsN, dan MAN se- Kabupaten BIntan, dan Pimpinan Pondok Pesantren se- Kabupaten Bintan.

Rapat dimulai dengan pembahasan persiapan peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020. Pada pembahasan ini, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PDPP): Drs. H. Ulil Amri memaparkan rencana kegiatan peringatan Hari Santri yang telah dirancangnya bersama dengan FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren) Kabupaten Bintan yang diketuai oleh Dr. Suparman Manjan, Lc., M.Ed.

“Rencananya, akan digelar upacara peringatan Hari Santri di Halaman Kantor Bupati pada 22 Oktober yaitu pada hari Kamis minggu ini kemudian dilanjutkan dengan istighotsah di Aula Besar Kantor Bupati. Hal ini sudah disetujui oleh Bagian Kesra Setda Bintan. Selanjutnya akan dilaksanakan MTQ Santri pada minggu depannya yang bertempat di Kantor Kemenag Bintan.” Ungkap Ulil.

Dari pembahasan Hari Santri ini, diusulkan agar santri TPQ dan MDTA se- Kabupaten Bintan juga dapat berpartisipasi merayakan Hari Santri ini. Namun dikarenakan peserta upacara di Kantor Bupati dilaksanakan secara terbatas mengikuti Protokol Pencegahan Penularan Covid-19, akhirnya diputuskan agar dirancang lomba Tartil Quran khusus untuk santri TPQ dan MDTQ oleh FKPQ Bintan bersama Seksi PDPP dan Kepala KUA Kecamatan.
 
Dalam kesempatan itu, kakankemenag Bintan, Erman meminta pelaksanaan peringatan Hari Santri ini agar dapat diperhatikan dengan seksama. Ia meminta agar sebelum dilakukan upacara Hari Santri, agar dilakukan gladi resik terlebih dahulu guna menyesuaikan petugas upacara dengan lokasi upacara. Pada kegiatan MTQ Santri yang akan dilaksanakan di Kantor Kemenag Bintan, Erman menegaskan agar sarana penerapan Protap Covid-19 seperti hand sanitizer dan tempat cuci tangan dapat tersedia di titik-titik perlombaan.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan pembahasan evaluasi kegiatan dan anggaran. Menyoal anggaran SBSN untuk pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji, Erman menginformasikan bahwa di tahun 2021 nanti yang baru akan dibangun adalah Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Bintan Timur.

“Untuk Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Bintan Utara belum dapat direalisasikan seperti yang telah kita rencanakan sebelumnya. Jika ingin mendapatkan anggaran SBSN, hal utama yang harus dipenuhi adalah tersedianya lahan atas nama KUA Kecamatan itu sendiri. Jika belum dapat lahan juga pada tahun 2021 nanti, maka pada tahun 2024 belum ada pembangunan dari dana SBSN untuk Gedung Balai Nikah.” Papar Erman.

Terkait Baznas, Erman meminta kepada Seksi Zakat dan Wakaf untuk segera menuntaskan dan meneruskan pengumuman pembukaan Pengurus Baznas Kabupaten Bintan kepada masyarakat. Ia meminta agar memperhatikan tanggal yang tercantum dalam pengumuman tersebut agar dipertimbangkan mengenai kecukupan waktu pendaftaran yang diberikan.

Di akhir pengarahannya sebelum melanjutkan rapat Hari Santri di Kantor Bupati Bintan, Erman meminta kepada hadirin rapat untuk memunculkan kembali semangat menulis. Ia juga meminta agar kualitas penulisan ditingkatkan, terutama penulisan kontribusi pemberitaan untuk menunjang kegiatan kehumasan Kantor Kemenag Bintan.

Selanjutnya, rapat dipandu oleh Kasubbag TU, Johan, ia meminta kepada setiap Seksi dan Kepala Madrasah untuk menceritakan keadaan dan pencapaian yang telah dilakukan di masing-masing wilayah kerjanya. Pada saat itu, masing-masing Seksi menyebutkan persentase pencairan anggaran.

Menyangkut pembebasan lahan di MAN Bintan, Johan mengapresiasi Kepala MAN Bintan yang telah bergerak cepat menuntaskan pengurusan pembebasan lahan tersebut. Respon positif ini didapat setelah uraian Kepala MAN Bintan, Dra. Hj. Murdifah yang menyebutkan bahwa saat ini proses pembebasan lahan tinggal menunggu penerbitan pemecahan sertifikat tanah oleh pihak BPN.

Sedangkan berkaitan dengan Pengawas, Pengawas GPAI SD Kantor Kemenag Bintan, Zariah, S.Pd.I. menyebutkan bahwa dirinya bersama KKG akan mengadakan pelatihan metodologi pendidikan islam. Pelatihan ini akan dilakukan sebanyak 5 kali di Kecamatan yang berbeda dengan berkoordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan Bintan.  

Rapat tersebut juga membahas tentang permintaan pemetaan kemiskinan agar penyaluran zakat dan fitrah lebih jelas, kebijakan pelaksanaan pembelajaran luring (luar jaringan), bantuan kuota internet dari Pusat melalui provider XL dan Telkomsel untuk siswa-siswi se- Kabupaten Bintan, Renstra, dan Koperasi Kemenag Bintan yang hampir habis masa kepengurusannya.

Dalam forum tersebut diinformasikan pula bahwa penerbitan seluruh Nota Dinas, Surat Tugas dan Surat Perjalanan Dinas yang akan diproses satu pintu di Kantor Kemenag Bintan melalui Seksi yang bersangkutan.
 
Di akhir rapat, Kasubbag TU mendapat pesan dari Pjs. Gubernur Kepulauan Riau agar Kepala KUA se- Kabupaten Bintan membuatkan data imam Mesjid, Musala, dan Surau untuk disampaikan kepada Pjs. Gubernur Kepri paling lambat tanggal 24 Oktober. (amilia)

 

94

Berita Terkait