Jumat 06 Agustus 2021

Berita

Kantor Kemenag Bintan Adakan Rapat Dinas Bulan Juni 2021 Bahas Evaluasi Kinerja, Pelaksanaan Anggaran, Dan PPDB

18-06-2021


* Kantor Kemenag Bintan Adakan Rapat Dinas Bulan Juni 2021 Bahas Evaluasi Kinerja, Pelaksanaan Anggaran, Dan PPDB

(Kemenag Bintan) – Seusai melaunching program 200 paket sembako per bulan oleh BAZNAS Bintan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin, memimpin rapat dinas rutin bulanan, Kamis (17/6/2021). Rapat tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pegawai dan pelaksanaan anggaran pada 6 bulan pertama tahun 2021, serta PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) madrasah. Rapat dinas ini dihadiri oleh jajaran Kepala Seksi (Kasi), Kepala KUA Kecamatan, dan Kepala Madrasah se- Kabupaten Bintan.

Mengenai kinerja pegawai, rapat terfokus membahas pelaksanaan penginputan data di aplikasi SIMPEG 5.0, SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) terbaru, dan pengumpulan evidence untuk PMPZI (Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas). Menanggapi tiga hal ini, Kakankemenag Bintan, Erman meminta kepada setiap PNS di bawah naungan Kantor Kemenag Bintan untuk peduli pada tugas/pekerjaan individu dan tugas bersama untuk mewujudkan Kantor Kemenag Bintan mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

“Siapkan evidence berupa SK (Surat Keputusan) dan dokumen pendukung seperti undangan, daftar hadir, foto, dan laporan, baik dari Kantor, KUA, sampai madrasah karena pada tahun 2022 kita (red: Kantor Kemenag Bintan) menjadi pilot project ZI,” ujar Erman.

“Masih berkaitan dengan kinerja pegawai, saya minta pihak MTsN dan Man Bintan melaporkan rencana keuangannya karena ini merupakan bagian dari Perkin (perjanjian Kinerja) sebagai Kepala Kantor,” pesannya.

Mengenai pelaksanaan anggaran per Juni 2021, realisasi satuan kerja (satker) Kantor Kemenag Bintan adalah sebagai berikut; Setjen (Sekretariat Jenderal) 45.58%, Bimas Islam 34.71%, Pendis (Pendidikan Islam) 43.74%, Kristen 28.10%, Buddha 40.37%, dan PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah) 35.41%. Persentase rata-rata pelaksanaan anggaran adalah 40.80%.

Alhamdulillah, persentase pelaksanaan anggaran sesuai dengan target realisasi anggaran per 16 Juni 2021 yaitu 40%. Walaupun  realisasi per unit masih ada yang belum mencapai 40%, bahkan di bawah 35%. Untuk itu saya minta agar pengelola anggaran (PPK dan Bendahara) dapat mengejarnya karena masih ada waktu lebih kurang 15 hari lagi. Saya juga mengingatkan agar setiap anggaran yang akan dicairkan oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), harus terlebih dahulu melengkapi permohonan pencairan anggaran ke KPA (Kuasa Pengguna Anggaran),” kata Erman.

Mengenai PPDB, masing-masing Kepala Madrasah menyampaikan laporannya. Kepala MIN (Madrasah Ibtidaiyah) melaporkan bahwa PPDB di MIN belum dilaksanakan karena baru selesai penyusunan raport. Kepala MTsN melaporkan PPDB sudah dibuka sejak bulan Mei hingga sekarang sudah ada 127 calon siswa mendaftar. Sedangkan Kepala MAN Bintan melaporkan PPDB sudah dibuka secara regular dari bulan Mei hingga awal Juli.  Sejauh ini sudah ada 61 calon siswa yang mendaftar di MAN Bintan.

Pada saat itu Kepala KUA turut dipersilakan menyampaikan progres dan kendala tugas dan fungsinya masing-masing. Setelah mendengar uraian  mereka, Kakankemenag Bintan, Erman, memberikan beberapa masukan. “Masing-masing KUA harus menuntaskan SOP (standar operasional) di masa pandemi dan mengumpulkannya ke Kantor Kemenag Bintan. Contohnya SOP pelayanan pernikahan dan SOP pelayanan akta ikrar wakaf. KUA juga harus membuat laporan dan narasi untuk disampaikan kesini (red: Kantor Kemenag Bintan) agar bisa dimasukkan ke dalam revisi DIPA,” pintanya. (amilia)


 

94

Berita Terkait