Selasa 07 Desember 2021

Berita

Kakanwil Resmikan Piloting Pusaka Sakinah, Berharap Masyarakat Perangi Stunting

16-09-2021


* Kakanwil Resmikan Piloting Pusaka Sakinah, Berharap Masyarakat Perangi Stunting

Tanjung Batu (Humas)_Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr. H. Mahbub Daryanto, M. Pd. I. meresmikan piloting Pusaka Sakinah sekaligus MoU antara Kemenag Karimun dengan Disduk Capil Karimun tentang penertiban KK dan e-KTP yang sudah selesai akad di Balai Sri Gading Tanjung Batu Kabupaten Karimun, Kamis, 16 September 2021.

Masyarakat muslim sangat membutuhkan Kantor Urusan Agama yang dapat memberi pelayanan di bidang agama baik yang menyangkut dengan indivu maupun sosial. Untuk itu sangat dibutuhkan peran aktif Kantor Urusan Agama dalam masyarakat khusunya umat Islam. Untuk mewujudkan hal itu, perlu diadakan inovasi pelayanan yang bertujuan pembagunan dan ketahanan keluarga.

Program Pusaka Sakinah (Pusat layanan Keluarga Sakinah) merupakan salah satu cara yang digulirkan ini untuk lebih memberdayakan Kantor Urusan Agama (KUA), supaya bisa memberikan pelayanan yang tidak hanya pada permasalahan umum pernikahan namun bisa membantu menyelesaikan permasalahan sampai ke akar persoalan untuk ketahanan keluarga.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten I Kabupaten Karimun, Kepala Kemenag Karimun, Kadis Disduk Capil Karimun, Kabid Bimas Islam , Kabag Tata Usaha, tokoh agama se Tanjung Batu, Polsek Tanjungbatu, 12 pasang peserta Pusaka Sakinah dan pengurus masjid yang menjadi peserta kegiatan Peningkatan Kompetensi Masjid.

Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan, kemandirian, inovasi, memberdayakan Kantor Urusan Agama Kecamatan dan untuk menciptakan metode pelayanan  yang berkualitas yang merupakan upaya mengubah citra KUA dalam melayani masyarakat.

Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja para pegawai di KUA Kecamatan yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan mutu layanan, meningkatkan profesionalisme dan kompetensi para pegawai di KUA, dalam bidang pelayanan masyarakat dan menanamkan dan menumbuhkan rasa kerukunan inter dan antar KUA di Kabupaten Karimun.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto meminta semua pihak iktu memerangi stunting untuk mendorong tumbuh kembang anak agar menjadi generasi yang sehat.

"Seharusnya pasutri setelah menikah dapat pemenuhan gizi yang baik, dan kesiapan ekonomi calon pengantin harus diperhatikan jelang pernikahan," ujar Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil mengajak masyarakat yang sudah berkeluarga untuk saling pengertian antara suami dan istri di tengah situasi Pandemi Covid 19 yang saat ini terjadi perlambatan pertumbuhan perekonomian negara.

Kakanwil menjamin kepada masyarakat bahwa layanan di Kementerian Agama diberikan gratis tanpa ada pungutan termasuk dalam pembinaan keluarga sakinah di Kantor KUA.

"Saya minta manajemen masjid dilakukan dengan cara yang bagus, kegiatan yang bagus, pengelolaan bagus, program bagus, imaroh dan riayah berjalan secara baik yaitu program dan pembangunan yang bagus, bersih dan berkualitas," pintanya.

"Kita jangan bangga bila masjid kita keuangannya banyak tapi kualitas dakwah dan kebersihannya lemah, termasuk pembinaan keluarga sakinah di dalamnya.  Jamaah tidak akan segan-segan mengeluarkan infaq dan sedekahnya bila pembinaan ibadah, majelis taklim dan manajemennya baik," ujarnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembukaan selubung papan nama Piloting Pusaka Sakinah Kabupaten Karimun.

151

Berita Terkait