Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

Kakanwil Pimpin Doa Pembukaan STQH VIII Kepulauan Riau

28-04-2019


* Kakanwil Pimpin Doa Pembukaan STQH VIII Kepulauan Riau

Bintan (Inmas)_Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Riau Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA memimpin doa pada upacara pembukaan Seleksi Tilawah Alquran Hadist (STQH) VIII Tingkat Propinsi Kepulauan Riau di Lapangan Relief Antam, Kijang, Sabtu (27/4/2019) malam.
Dalam doannya Kakanwil mengatakan agar perhelatan STQH tersebut mendapatkan keberkahan dari Allah SWT sehingga menjadikan Kepri negeri yang baldatun toyyibatun warabbun ghofur, aman dan damai.

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana Dr. TS. Arif Fadillah mengatakan STQH harus berdampak pada etika masyarakat yang mewarnai akhlak masyarakatnya. STQ adalah kegiatan yang kegiatan yang mendorong ukhuwah Islamiyah sehingga berkesan dakwah bagi masyarakat.

“STQH bertujuan untuk meningkatkan kualitas qori dan qoriah sehingga menjadi semakin baik dalam rangka persiapan STQH Nasional 2019 yang akan berlangsung di Kalimantan Barat. STQ Kepulauan Riau akan berlangsung 27 April – 1 Mei 2019 yang memperlombakan 4 cabang dengan 10 golongan,” kata TS. Arif Fadillah.

Bupati Bintan, Apri Sujadi dalam sambutannya mengatakan masyarakat Bintan menyambut baik gelaran STQH di Kijang. “Masyarakat Bintan menyambut dengan bahagia dan gembira sehingga kami akan menjaga kepercayaan ini dengan menjadi tuan rumah yang baik karena STQH dipercaya bermanfaat bagi masyarakat dalam membentengi generasi muda Islam dari pengaruh perubahan zaman yang negatif,” ucap Apri Sujadi.

“Mohon maaf jika ada kekurangan, dengan STQH mari kita tingkatkan ukhuwah Islamiyah, tingkatkan kerukunan umat beragama dan saya mengapresiasi kepada seluruh panitia yang mensukseskan acara ini,” ucapnya lagi.

Ketua LPTQ Nasional, Prof. Dr. Said Agil Husen Al Munawar menyebutkan Kepulauan Riau salah satu propinsi penyumbang terbesar qori-qoriah internasional dari Indonesia. Dia mencontohkan Muhammad Hawari, seorang anak yang menjadi tilawah dalam pembukaan STQH tersebut merupakan salah satu anak Kepri yang berhasil menjadi juara dunia MTQ di Teheran, Iran.

“Sebagai Ketua Dewan Hakim, saya pastikan semua perangkat pengadil akan bekerja dengan professional dan adil, jujur, cermat, teliti dan bertanggung jawab. Jika ada kecurangan yang dilakukan oleh personil Dewan Hakim, laporkan kepada saya, jika terbukti maka akan langsung saya pecat sebagai dewan hakim,” kata Said Agil.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun dalam amanahnya mengatakan STQH harus dijadikan media dakwah yang membawa ukhuwah Islamiyah. Kemenangan bukan tujuan yang utama, tetapi tujuannya adalah ukhuwah. “Jika ukhuwah terjalin, maka suasana akan senantiasa rukun dan damai. Suatu kondisi yang dibutuhkan oleh Pemerintah dalam melakukan pembangunan,” kata Nurdin Basirun. (hatiman)
 

100

Berita Terkait