Minggu 20 Juni 2021

Berita

Kakanwil Lakukan Pengawasan Protokol Kesehatan di Sejumlah Masjid di Bintan

08-05-2021


* Kakanwil Lakukan Pengawasan Protokol Kesehatan di Sejumlah Masjid di Bintan

Kakanwil Lakukan Pengawasan Protokol Kesehatan di Sejumlah Masjid di Bintan. 

Bintan (Humas)_Langkah pengawasan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) terus digencarkan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran  Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 tentang Panduan lbadah Ramadan dan ldul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di beberapa tempat/daerah.

Kali ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama  Provinsi  Kepulauan Riau Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan Drs. H. Erman Zaruddin,.M.M.Pd serta pejabat eselon III dan IV dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau dan Kementerian Agama Kabupaten Bintan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah tempat ibadah khususnya masjid di Kabupaten Bintan. 

Kakanwil mengunjungi Masjid Attaubah dan Masjid Jamiatul Muslimin yang berada di Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan. 

Dalam kegiatan tersebut didapati kedua masjid sudah memenuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dalam melaksanakan ibadah di rumah ibadah.

"Dari hasil pantauan kami bahwa hampir seluruh masjid di Kepulauan Riau sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dengan menyediakan tempat mencuci tangan, hand sanitizer, menyiapkan masker serta manjaga jarak antar jemaah", ujar Kakanwil. 

"Sampai saat ini belum ada cluster Covid_19 di rumah ibadah di Provinsi Kepulauan Riau, artinya sampai saat ini seluruh rumah ibadah di Provinsi Kepulauan Riau diizinkan melaksakan ibadah dengan protokol kesehatan yang ketat. Saya berharap sampai pelaksanaan salat Idul Fitri yang tidak lama lagi kita tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai ada fitnah di tengah masyarakat bahwa rumah ibadah khususnya masjid menjadi cluster Covid_19", imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Bintan, Erman Zaruddin menambahkan, Kemenag Kabupaten Bintan terus melakukan pengawasan dan pemantauan lapangan secara maksimal, dengan melibatkan para penyuluh agama dan KUA Kecamatan atas pelaksanaan Surat Edaran Menteri Agama. Sejauh ini, Protokol Kesehatan telah dilaksanakan dengan baik. 

"Kita menyaksikan bahwa kesadaran jemaah masjid semakin baik dalam memutus rantai Covid_19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan menggulung karpet sajadah, membawa sejadah sendiri, ini sebagai wujud nyata bahwa jemaah masjid bisa melaksakan protokol kesehatan dengan baik", ujar Erman. 

Erman berharap semua tempat tempat ibadah  di Kabupaten Bintan menjalankan protokol kesehatan yang ketat sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi jamaahnya.

"Kita bantu diri kita dengan protokol kesehatan, secara tidak langsung membantu orang lain juga untuk tetap terjaga dari Covid_19 ini, semoga Allah mudahkan semua usaha kita dan Covid_19 segera kembali kepada yang menciptanya yaitu Allah SWT", imbuhnya.

Dalam sidak kali ini, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan Alquran, pemberian santunan kepada anak yatim serta penyerahan masker kepada pengurus masjid.

59

Berita Terkait