Kamis 26 November 2020

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Tetapkan Kemenag Batam Sebagai Pilot Project Zona Integritas

03-07-2020


* Kakanwil Kemenag Kepri Tetapkan Kemenag Batam Sebagai Pilot Project Zona Integritas

Batam (Humas)-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Dr.Drs.H.Mukhlisuddin,SH,MA menetapkan satuan kerja Kementerian Agama Kota Batan sebagai pilot project ZI melalui SK Kakanwil Nomor 372. SK pilot project ZI tersebut diserahkan Kakanwil kepada Kakankemenag Batam H.Zulkarnain,S.Ag, MH bersamaan dengan penyerahan micro bus kanwil kepada Kepala MAN IC Batam, Rudianto, S.Pd, M.Mpd.

Zulkarnain, Kepala Kemenag Kota Batam mengatakan penetapan Batam sebagai Zona Integritas merupakan suatu tantangan yang harus kami laksanakan. Kepala Kemenag Batam melaporkan perkembangan penerimaan siswa baru sudah selesai dan rata-rata hampir 60 persen terpaksa kita tidak bisa terima karena terbatasnya RKB (Ruang Kelas Baru). Pelaksanaan pendidikan pesantren khususnya untuk pelayanan asrama harus mengikuti protokol kesehatan dan mendapatkan izin dari tim gugus tugas covid 19. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau menjadikan Kemenag Kota Batam sebagai pilot project Zona Integritas ada delapan area perubahan manajemen yang harus dilakukan, antara lain:

1. Manajemen perubahan 
2. Penataan Hukum dan perundang-undangan
3. Penataan dan penguatan organisasi
4. Penguatan tata laksana
5. Penataan Sistem Sumber Daya Manusia Aparatur.
6. Penguatan Akuntabikitas
7. Penguatan Pengawasan
8. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Batam sangat responsif dalam menindaklanjuti pelayanan publik terkait situasi pandemi corona. 

Kakanwil mengingatkan agar seluruh satuan kerja di Kota Batam tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Tim Gugus Tugas Penangan Covid -19. Madrasah/KUA harus bersih penataan lahan yang produktif, legalitas surat dan BMN harus terdata dengan baik, penyimpanan surat surat dan dokumen penting harus terjaga.

Kakanwil mengigatkan agar seluruh ASN Kemenag bertanggungjawab menyikapi masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah dan tidak membuat keruh suasana.

137

Berita Terkait